MOZAIK

Senin, 21 Januari 2019 | 01:11 WIB

Dalam Pengawasan Allah

KH Abdullah Gymnastiar
Dalam Pengawasan Allah
(Foto: Istimewa)

ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Hanya Allah yang menguasai langit bumi, segala isinya dan segala yang ada di antara keduanya. Tidak ada yang patut untuk disembah selain Allah. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, marilah kita bersama merenungkan tiga firman Allah Swt. berikut ini. Allah Swt. berfirman, Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz). (QS. Al Anam [6] : 59)

Tidak ada yang lepas dari pengawasan Allah. Seekor semut kecil hitam yang berjalan di atas batu yang legam di tengah kegelapan malam yang tanpa cahaya bintang dan bulan. Pasti Allah mengetahuinya. Bagaimana bisa Allah mengetahui sehelai daun kering yang jatuh? Allah Maha Mengetahui, daun itu pun ciptaan Allah, dan daun-daun sebenarnya bertasbih memuji Allah Swt.

Kemudian, Allah Swt. berfirman dalam ayat-Nya yang lain, Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang hari Kiamat; dan Dia-lah yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana Dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal. (QS. Luqman [31] : 34.

Ada orang yang sakit lalu berobat kesana kemari tapi tidak juga sembuh. Maka Allah Maha Mengetahui bahwa sakitnya itu akan menjadi penggugur dosa bagi dirinya. Orang yang sakit kemudian bersabar, itu bisa jadi jauh lebih baik daripada orang yang sehat. Mengapa? Karena ia diberikan kesempatan tambahan untuk lebih mengingat Allah Swt. dan ditebus dosa-dosanya dengan sakitnya itu. Semua ini ada dalam pengetahuan Allah Swt.

Dan, Allah Swt. juga berfirman, Allah mengetahui apa yang dikandung oleh setiap perempuan, dan kandungan rahim yang kurang sempurna dan yang bertambah. Dan segala sesuatu pada sisi-Nya ada ukurannya. Yang mengetahui semua yang ghaib dan yang nampak; yang Maha besar lagi Maha tinggi. (QS. Ar Radu [13] : 8-9)

Sungguh Allah Maha Tahu keadaan setiap makhluk-Nya. Maka Allah berikan kecukupan kepadanya. Tak ada masalah yang menimpa seorang hamba, kecuali Allah cukupkan kadar takarannya sehingga mampu ia memikulnya. Tak ada persoalan kecuali Allah sediakan jalan keluarnya.

Kewajiban kita tinggal memaksimalkan ikhtiar kita, mengoptimalkan setiap karunia potensi yang Allah berikan kepada kita dengan cara melakukan yang terbaik yang Allah ridhoi. Sungguh, Allah Maha Tahu siapa saja diantara hamba-hamba-Nya yang berupaya serius untuk istiqomah dalam ketaatan kepada-Nya. Semoga kita termasuk kepada hamba-hamba Allah yang demikian. Aamiin yaa Robbal aalamiin. [smstauhiid]

#InilahKehidupan #AaGym
BERITA TERKAIT
Doa Ashabul Kahfi
Usai Salat, Makmum Dilarang Mengubah Posisi
Suami Anda Hobi BF? Yakinlah Dia Sedang Sakit!
Manfaat Saling Mengunjungi Sesama Muslim
10 Masalah Istri Saat Berhubungan Intim
Wahai Muslimah, Bagaimana Cara Kalian Masuk Surga?
Belajarlah Memahami yang Sesungguhnya

kembali ke atas