PASAR MODAL

Jumat, 18 Januari 2019 | 19:01 WIB

Investor Cermati Kebuntuan Brexit

Wahid Ma'ruf
Investor Cermati Kebuntuan Brexit
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, London - Pemerintah Inggris telah bersikeras bahwa perundingan lintas partai untuk menemukan konsensus mengenai rencana Brexit dari Theresa May telah konstruktif.

Meskipun ada penolakan dari pemimpin Partai Buruh, Jeremy Corbyn untuk terlibat dalam diskusi dengan perdana menteri. Kecuali dia dengan tegas mengesampingkan kemungkinan adanya Inggris meninggalkan Uni Eropa tanpa kesepakatan.

Sebagai pemimpin partai oposisi terbesar di Parlemen Westminster, Corbyn telah mengeluarkan perintah yang menginstruksikan anggota parlemennya sendiri (Anggota Parlemen). Mereka tidak boleh mengadakan pertemuan dengan lawan Konservatif kecuali jika prasyarat tertentu dipenuhi, seperti mengutip cnbc.com.

Tetapi juru bicara Downing Street mengatakan kepada wartawan Kamis malam bahwa pertemuan pemerintah lebih lanjut dengan anggota parlemen Partai Buruh diharapkan Jumat.

Setelah kemenangannya yang tipis dalam pemungutan suara di parlemen pada Rabu malam, May mengatakan dia akan siap untuk terlibat dengan para pemimpin partai oposisi dalam semangat konstruktif. Tujuannya, untuk menemukan jalan ke depan setelah proposal Brexitnya ditolak mentah-mentah pada awal pekan ini.

Tetapi dia telah menanggapi permintaan Corbyn dengan suratnya sendiri, di mana dia menegaskan bahwa bukan dalam kekuasaan pemerintah untuk mengesampingkan "tidak ada kesepakatan."

Dia mengulangi bahwa langkah seperti itu "tidak mungkin" kecuali Parlemen memberikan suara untuk kesepakatan tertentu, atau kecuali pemerintah mencabut Pasal 50 Perjanjian Lisbon Eropa.

Dia menulis bahwa pencabutan klausul perjanjian itu, yang mengatur proses keluar potensial negara anggota dari UE, akan berarti membalikkan hasil referendum 2016, dan ini akan "salah."

Kepala lima partai oposisi yang lebih kecil telah sepakat untuk bertemu dengan perdana menteri, dan pembicaraan itu kemungkinan akan berlanjut selama akhir pekan. Desakan Corbyn pada prasyarat khusus ini tampaknya telah membahayakan hubungannya dengan setidaknya salah satu pihak.

Vince Cable, mantan sekretaris bisnis Inggris yang kini memimpin blok Demokrat Liberal beranggotakan 11 orang di parlemen, mengkritik pendekatan Corbyn. Dia mengatakan tidak akan mendukung Partai Buruh dalam mosi tidak percaya di masa depan. Maksudnya jika pemimpin Partai Buruh mempertahankan pendiriannya saat ini.

Di bawah undang-undang yang disahkan pada tahun 2011, pemungutan suara tidak percaya diri dari jenis yang dimenangkan pada hari Rabu. Hasilnya menjadi salah satu dari hanya dua rute yang diizinkan untuk pemilihan umum cepat.

Corbyn dalam pidatonya kepada para pendukung pada hari Kamis, sekali lagi mengakui adalah metode yang disukai untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Di bawah persyaratan parlemen yang belum pernah terjadi sebelumnya yang disetujui di tengah kontroversi besar di awal bulan, May harus mengembangkan rencana alternatif tentang Brexit dan menyampaikannya ke House of Commons paling lambat Senin, 21 Januari. Anggota parlemen biasa kemudian akan memiliki kesempatan untuk menambahkan saran pada hal itu. merencanakan selama proses debat publik, sebelum menghadapi pemungutan suara.

Utusan resmi May untuk House of Commons, Andrea Leadsom, telah mengumumkan pemerintah akan berusaha untuk mengadakan pemungutan suara pada 29 Januari, tepatnya dua bulan sebelum batas waktu saat ini untuk keluarnya Uni Eropa Inggris.

#BursaSaham #Dolar #IHSG #TrumpEffect
BERITA TERKAIT
Bursa Saham AS Berpotensi Negatif
Bursa Saham Asia Berakhir Beragam
IHSG Mampu Naik 0,2% ke 6.236,69
IHSG Sisakan Kenaikan 0,05% ke 6.223,093
Pejabat China Penuhi Undangan AS Bahas Tarif
IHSG Bangkit 0,2% ke 6.233 di Awal Sesi
Bursa Saham Asia Bergerak Negatif

kembali ke atas