GAYA HIDUP

Selasa, 22 Januari 2019 | 17:45 WIB

Sarapan, Jadikan Anak Lebih Kreatif dan Bahagia

Mia Umi Kartikawati
Sarapan, Jadikan Anak Lebih Kreatif dan Bahagia
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Anak-anak yang bahagia, kreatif dan berpikiran positif memulai hari dengan sarapan seimbang dan bernutrisi.

Menurut Guru Besar pangan dan Gizi IPB, Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS, sarapan lebih dari sekadar awal hari, sarapan adalah dasar untuk mengejar masa depan yang lebih baik.
"Perilaku di kelas dan performa akademik siswa terkait dengan kebiasaan sarapan. Anak-anak yang sarapan seimbang dan bernutrisi cenderung memiliki konsentrasi, energi dan bahagia sepanjang hari," kata Ali Khomsan, Jakarta, Selasa, (22/01/2019).

Saat ini hanya 10,6 persen dari sarapan anak-anak yang benar-benar memenuhi kebutuhan energi lebih dari 30 persen. Karena itu, penting untuk mengonsumsi sarapan lengkap dan seimbang yang mencakup karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan serat.
Salah satu sumber nutrisi yang direkomendasikan adalah gandum utuh. Gandum utuh memiliki lapisan luar, lapisan dalam, dan ditengahnya yang sangat penting untuk kebutuhan nutrisi seimbang karena merupakan sumber vitamin, mineral dan serat.

"Sereal yang terbuat dari gandum utuh memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat membantu menjaga kesehatan usus dan proses pencernaan. Selain itu, serat juga dapat mengurangi risiko obesitas, diabetes, dan penyakitjantung koroner", tambahnya.(tka)

#sarapan #kesehatan #makanan #bergizi #kreatif #bahagia
BERITA TERKAIT
(Bahas Kesehatan Global) Ini Pertemuan Ratusan Pemuda Antar Negara
(RSUP Sarjito) Menkes Resmikan Layanan Pusat Jantung Terpadu
Kemenkes Kirim 7 Ribu Lebih Tenaga Kesehatan
Simak, Beragam Manfaat Kesehatan dari Biji Tomat
Manfaat Tomat untuk Kesehatan
Kemenkes Rekrut Tenaga Pendukung Kesehatan di Arab
Perkembangan Dunia Kesehatan di Italia

ke atas