NASIONAL

Selasa, 29 Januari 2019 | 12:49 WIB
(Rapim TNI-Polri)

Wiranto: Daerah Rawan Pemilu Sudah Clear

Muhammad Yusuf Agam
Wiranto: Daerah Rawan Pemilu Sudah Clear
Menkopolhukam Wiranto (Foto: Inilahcom/Eusebio CM)

INILAHCOM, Jakarta - Menkopolhukam Wiranto mengatakan Polri dan Bawaslu telah menetralisir daerah-daerah kerawanan Pemilu 2019.

"Semua sudah dipetakan. Kemudian dari peta itu, dalam waktu enam bulan kita netralisir kerawanan itu. Sehingga di hari H bisa zero, supaya ancaman sangat kecil," kata Wiranto usai memberi pembekalan Rapim TNI-Polri di gedung PTIK, Jakarta, Selasa (29/1/2019).

Wiranto mengatakan kerawanan logistik pemilu juga sudah dipetakan oleh Bawaslu. Ranah Bawaslu yakni memastikan logistik Pemilu lengkap termasuk kotak suara.

"Bawaslu juga sudah melakukan survei indeks kerawanan pemilu, tapi bukan dari sisi keamanan. Tapi dari segi penyelengaraannya, dari sisi kotak suara belum beres, daftar pemilih belum beres, dan sebagainya," jelas Wiranto.

Wiranto menambahkan proses demokrasi di Pemilu 2019 perlu serta partisipasi dana seluruh stakeholder terkait termasuk didalamnya partai politik dan masyarakat. Dengan partisipasi itu, maka Pemilu 2019 akan berjalan aman dan lancar.

"Saya menyampaikan bahwa Pemilu ini yang milih rakyat untuk memilih para pemimpinnya. Saya menyampaikan tadi bahwa dengan adanya peristiwa lima tahunan dimana kita akan memilih pemimpin yang nanti melanjutkan estafet lima tahun kedepan maka peristiwa ini sangat penting bagi kita berkehidupan sebagai bangsa," ucap Wiranto.

"Maka saya sampaikan marilah kita manfaatkan Pemilu ini pesta demokrasi bukan ajang konflik, bukan suatu kesempatan saling membenci, menjelekkan, tapi saling beradu kompetisi untuk menghasilkan pemimpin yang berkualitas ke depan nanti," sambung dia. [rok]

#Wiranto
BERITA TERKAIT
Dukung Airlangga, Aziz Harapkan Team Work Kuat
Jokowi Minta DPR Tunda Pengesahan 4 RUU
Jokowi Tegaskan Tak Ada Perppu KPK
Gerindra Garut Tolak Mulan Jameela Masuk Senayan
Daftar PDIP, Gibran Siap Maju Nyalon Walikota Solo
Fraksi Golkar Kembali Rotasi Anggotanya
Bamsoet Pastikan RKUHP Tak Disahkan Paripurna Esok

kembali ke atas