GAYA HIDUP

Selasa, 29 Januari 2019 | 18:15 WIB

Tips, Atasi Masalah Berat Badan Anak Menurun

Mia Umi Kartikawati
Tips, Atasi Masalah Berat Badan Anak Menurun
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ada beberapa tips untuk mengatasi masalah berat badan anak menurun. Orangtua bisa mengatasi dengan tepat dan cepat jika mengetahui adanya gangguan yang tidak beres pada pertumbuhan anak.

Menurut DR. Dr. Conny Tanjung, Sp.A(K), pemantauan berat badan anak bisa dilakukan mulai dari cara memberikan makan. Asupan makanan juga sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Mengapa? Karena, komposisi makanan anak terutama asupan protein sangat berperan dalam menstimulasi perkembangan otak dan pertumbuhan anak.

"Cara memberikan makan juga sangat penting. Ini akan menjadikan kebiasaan pada anak agar tetap memiliki selera makan," kata Conny saat ditemui di Jakarta, Selasa, (29/01/2019).

Berikut adalah beberapa tips yang bisa orangtua simak ketika menghadapi masalah terkait berat badan anak.

1. Disiplin untuk makan pada jam makan

"Kalau setengah jam enggak habis sudah jangan diteruskan lagi. Setengah jam sudah habis tunggu jam makan berikutnya. Karena nanti anak akan minta makan sendiri," ujar Conny.

2. Jangan kasih gadget

"Karena itu lebih ke arah disktraksi. Jadi gadget adalah suatu hal yang sangat menyenangkan untuk anak. Jadi kalau dikasih makan, makanannya menjadi hal yang sangat mengganggu kesenangannya," tambahnya.

3. Jangan kasih camilan

"Itu yang ditunggu anak, camilan. Setelah makan tiga puluh menit, jangan dikasih camilan. karena jika dikasih camilan, dia akan malas makan," paparnya.

4. Coba makanan terlebih dahulu

"Sebelum diberikan ke anak, lebih baik makanannya dicoba dulu oleh orangtuanya. Kalau tidak ada rasanya, sudah pasti anak tidak suka makanannya," tambahnya.

5. Jangan lupa konsumsi protein

"Konsumsi makanan berprotein adalah sangat baik. misalnya, anak dikasih makan nasi dan tiga sayur. Ini tidak ada proteinnya. Padahal protein adalah hal yang menjadi sumber perangsang pertumbuhan anak," katanya. (tka)

#tips #atasi #masalah #berat #badan #anak #menurun #keseh
BERITA TERKAIT
Tips Sahur dan Buka yang Aman untuk Tubuh
RS PELNI Beri Fasilitas untuk Pasien Ibu dan Anak
Libur Lebaran Tingkatkan Kunjungan Pariwisata
Berbagi dari Hati di Bulan Suci
Zeezee Shahab, Siapkan Minuman Segar untuk Ramadan
Sambut Hari Raya, Siapkan Minuman Segarkan Tubuh
Dukung UHC dengan Kemudahan Akses Obat dan Vaksin

kembali ke atas