EKONOMI

Kamis, 31 Januari 2019 | 17:34 WIB

Terkendala, Target Tol Lampung-Palembang Molor

Terkendala, Target Tol Lampung-Palembang Molor
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Tulang Bawang - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan target tol Lampung-Palembang selesai fungsional penuh pada bulan Juni 2019 atau mundur dari target yaitu April 2019.

"Palembang kami targetkan Mei bisa fungsional,baru akhir Juni, sampai Palembang itu mungkin sudah bisa tol penuh," kata Rini Soemarno ketika ditemui usai meninjau tol Trans Sumatera ruas Lampung, di Tulang Bawang, Kamis (31/1/2019).

Beberapa kendalanya adalah pembebasan lahan yang belum selesai semuanya. Kemudian pembangunan fly over atau penyeberangan di atas jalan tol yang digunakan oleh masyarakat sekitar.

Fly over tersebut difungsikan untuk pengguna nonmobil atau pejalan kaki yang memang harus tersedia bagi lingkungan sekitar.

Meskipun jalan sudah selesai total, jika belum ada jembatan penyeberangan atau fly over tol belum dapat diresmikan karena hal itu menjadi syarat untuk mendapatkan sertifikasi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya mengungkapkan dirinya meminta ke pihak kontraktor pembangunan jalan Tol Trans Sumatera untuk seksi Bakahuni (Lampung)-Palembang bisa diresmikan April 2019 agar memiliki manfaat bisa digunakan saat lebaran.

"Manfaat untuk Lebaran, Jangan ke mana-mana. Biar bisa lebaran dari Jakarta ke Palembang naik mobil. Bukan Pemilu. Tapi itu juga," kata Jokowi.

Dia mengatakan bahwa untuk Tol Trans Sumatera Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 148 kilometer akan diresmikan pada Desember ini.

"Tapi untuk Bakauheni-Palembang sepanjang 350 kilometer, saya tanya ke kontraktornya katanya Juni (2019). Saya tawar mbok April. Mbok agak maju dikit ke April biar ada manfaatnya," kata Jokowi.

Jokowi juga mengungkapkan bahwa pada akhir 2018 ini Pelabuhan Kuala Tanjung yang berada di Provinsi Sumatera Utara akan selesai dan Makassar New Port Januari 2019 selesai.

"Sebetulnya yang saya tunggu selesainya landas pacu ketiga Bandara Soekarna Hatta, karena pembebasan lahan sedikit terhambat mungkin mundur di pertengahan 2019," ungkap Jokowi.[tar]

#TolLampung #BUMN
BERITA TERKAIT
Safari Ramadan BUMN Disambut Hangat Masyarakat
(HUT Kementerian BUMN Ke-21) PGN Gelar Audisi Islamic Nexgen Fest di Medan
Rini Dorong Inalum Main Mata dengan Investor China
Sebentar Lagi Terminal 3 Soetta Punya Hotel Megah
(Safari Ramadan BUMN) Rini Ingin Peran Aktif BUMN Gerakan Ekonomi Daerah
Membeludak, Pelindo III Tambah Kuota Mudik Gratis
Pemprov Jabar Minta Subang Bikin Perda Sawah Abadi

kembali ke atas