EKONOMI

Jumat, 08 Februari 2019 | 17:18 WIB

Perry: Inflasi Februari tak Jauh dari 0,07%

Indra Hendriana
Perry: Inflasi Februari tak Jauh dari 0,07%
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Bank Indonesia (BI) memperkirakan, minggu pertama Februari 2019, Inflasi terjaga 0,07% secara bulanan (month to month/mtm).

Sedangkan inflasi year on year (yoy) sebesar 2,72%. "Berdasarlan survei pemantauan harga minggu pertama Febuari kami perkirakan pada bulan Febuari ini inflasinya adalah 0.07 mtm. Kalau yoy 2.72 persen yoy," kata Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo di kantornya, Jakarta, Jumat (8/2/2019).

Adapun faktor penyumbang terjadinya inflasi pada minggu pertama Febuari 2019 ini terjadi dari berbagai komoditas. Tapi semua terkendali. "Semua pemyumbang inflasi berbagai harga itu terkendali," ujar dia.

Kata dia, dengan angka ini menunjukan bahwa inflasi stabil hingga bulan kedua ini. Sehingga inflasi pada akhir 2019, diproyeksikan masih akan berada tengah-tengah di bawah kisaran 3,5%. "Perkiraan kami bahwa inflasi akhir tahun akan lebih rendah dari tiik tengah sasaran inflasi yaitu 3.5 persen, ujar dia.

Ke depan, bank sentral bersama pemerintah akan meningkatkan sinergi dan koordinasi demi menjaga inflasi. "Kami akan selau berkoordinasi dengan pemerintah pusat maupun daerah inflasi kita di tahun ini ada kemungkinan di bawah titik tengah berarti di bawah 3,5 persen," kata dia. [ipe]

#BankIndonesia #Inflasi
BERITA TERKAIT
BI: DKI Jakarta Tetap Menarik Hati Wisman
Kenaikan Gaji PNS Bisa Ikut Sumbang Inflasi
Bulan Ini, Indef Prediksi Harga Pangan Naik 0,2%
Inilah Tujuan Kenaikan Gaji Pokok PNS
Surplus Februari Modal Perbaiki Transaksi Berjalan
Zaman Jokowi, Utang Luar Negeri Makin Numpuk
Karena China, Ekonomi Indonesia Bisa 'Meriang'

ke atas