EKONOMI

Senin, 11 Februari 2019 | 00:15 WIB

Produksi Batu Bara Berpeluang Lampaui Target

Indra Hendriana
Produksi Batu Bara Berpeluang Lampaui Target
Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Bambang Gatot

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral tidak menutup peluang menambah produksi batu bara tahun 2019. Dalam Rencana Kerja Anggaran Biaya (RKAB) 2019 produksi batu bara tercatat 490 juta ton.

Direktur Jenderal Mineral dan Batu bara Kementerian ESDM, Bambang Gatot mengatakan peluang penambahan itu saat revisi RKAB. Kesempatan itu tergantung realisasi produksi hingga pertengahan tahun.

Penambahan ini pernah dilakukan pada bulan Agustus 2018. Kala itu dibuka kuota penambahan produksi hingga 100 juta ton yang dialokasikan khusus untuk pengiriman keluar negeri alias ekspor.

"Juni kami lihat (produksi batu bara) realisasinya seperti apa," kata Bambang, Jakarta akhir pekan ini.

Bambang mengungkap, penambahan produksi tahun lalu mempertimbangkan realisasi penyerapan batu bara dalam negeri (domestic market obligation/DMO). Artiannya hanya perusahaan yang memenuhi kewajiban DMO sebesar 25% memperoleh kesempatan itu.

Tercatat realiasi produksi hingga akhir 2018 mencapai 528 juta ton. Total produksi itu lebih tinggi dari target 2018 sebesar 485 juta ton lantaran adanya penambahan produksi.

Bertambahnya volume produksi tersebut berimbas pada melesatnya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sektor pertambangan mineral dan batu bara. Tercatat realisasi PNBP 2018 kemarin mencapai Rp50 triliun.

Capaian tersebut sekitar 156% dari target PNBP tahun lalu yang ditetapkan sebesar Rp32,1 triliun. Membaiknya harga batu bara menjadi salah satu faktor terkereknya penerimaan negara. Sektor batu bara merupakan penyumbang mayoritas PNBP pertambangan.

Sementara itu Direktur Penerimaan Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Jonson Pakpahan sebelumnya mengatakan PNBP pertambangan ditetapkan sebesar Rp40,1 triliun. Dengan asumsi harga batu bara rata-rata sebesar US$80/ton. "Sejauh ini belum ada perubahan target," ujarnya. [hid]

#BatuBara #ProduksiBatuBara #HargaBatuBara
BERITA TERKAIT
PNBP Tambang Dekati Target, Batubara Masih Andalan
Harga Batubara Acuan Mei 2019 Merosot Tajam
Pemprov Jabar Minta Subang Bikin Perda Sawah Abadi
Bea Cukai Ungkap 22 Burung & Bibit Tanaman Ilegal
Bea Cukai Jateng Ungkap 6,6 Juta Rokok Ilegal
Kementan & TNI AL Perketat Patroli Jelang Lebaran
Pemprov Jabar Jaga Stok dan Harga Kebutuhan Pokok

kembali ke atas