MOZAIK

Selasa, 12 Februari 2019 | 11:00 WIB

Baca Quran Mengantarkan pada Akhlak Mulia

Baca Quran Mengantarkan pada Akhlak Mulia
(Foto: ilustrasi)

SYEKH Abdul Aziz bin Baz mengatakan, di antara prasyarat yang mengantarkan pada akhlak Islami adalah memperbanyak membaca Alquran serta mentadabburi maknanya.

Setelah itu bersungguh-sungguh untuk berperilaku dengan akhlak yang sebagaimana Allah Ta'ala sebutkan dalam Alquran mengenai sifat-sifat para hamba-Nya yang saleh. Hal ini dapat mengantarkan kita pada akhlak yang mulia.

Demikian juga hendaknya memperbanyak duduk bersama orang-orang baik dan berakrab-akrab dengan mereka. Juga dengan memperbanyak membaca hadis-hadis sahih dari Nabi Shallallahualaihi Wasallam yang menunjukkan tentang akhlak mulia.

Demikian juga hendaknya banyak membaca kisah-kisah orang terdahulu dalam kitab-kitab sirah nabawiyyah dan sejarah Islam, yaitu membaca bagaimana sifat dan akhlak orang-orang saleh di masa itu. Semua hal ini dapat mengantarkan kita pada akhlak yang mulia dan beristiqamah di atasnya.

Namun sebab yang paling besar adalah Alquran. Dengan banyak membacanya serta mentadaburi maknanya dengan benar-benar menghadirkan hati yang penuh keinginan tulus untuk berakhlak mulia ketika membaca Alquran dan mentadaburi-nya. Inilah hal terbesar yang bisa mengantarkan kepada akhlak mulia, dengan juga memberi perhatian yang serius terhadap hadis-hadis sahih dari Nabi Shallallahualaihi Wasallam tentang akhlak mulia. []

#Akhlak #Alquran
BERITA TERKAIT
Islam Agama Santun: Jangan Mencela dan Caci Maki
Mencaci Maki di Medsos Bukan Ciri Muslim & Beriman
Syair: Bisik Camar
Anda diangkat Allah sebagai Pelayan bagi Umat
Pemimpin Dituntut Menyeru Manusia pada Rida Allah
Teladan agar Penguasa Tunduk pada Kebenaran
Adu Domba Romawi pada Khalifah dan Pendampingnya

ke atas