MOZAIK

Selasa, 12 Februari 2019 | 16:00 WIB

Rasulullah, Sang Nabi yang Ummi

Rasulullah, Sang Nabi yang Ummi
(Foto: Ilustrasi)

TERDAPAT banyak dalil yang menyebut Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam sebagai orang ummi (tidak membaca dan tidak menulis). Kita akan sebutkan beberapa diantaranya:

Pertama, firman Allah, ketika menyebutkan ciri-ciri Nabi-Nya shallallahu alaihi wa sallam, "Yaitu orang-orang yang mengikuti rasul, sang nabi yang ummi, yang mereka jumpai keterangan tertulis dalam kitab taurat dan injil yang ada di tengah mereka." (QS. al-Araf: 157)

Kedua, firman Allah, yang memerintahkan hamba-Nya untuk mengikuti nabi, "Berimanlah kalian kepada Allah, Rasul-Nya, sang nabi yang ummi, yang beliau beriman kepada Allah dan kalimat-kalimat-Nya. Ikutilah beliau agar kalian mendapat petunjuk." (QS. al-Araf: 158)

Ketiga, firman Allah tentang nikmat adanya nabi di tengah orang Quraisy, Dialah yang mengutus kepada kaum yang ummi seorang Rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan mereka Kitab dan Hikmah (as-Sunnah). (QS. al-Jumuah: 2)

Keempat, Allah tegaskan bahwa Nabi-Nya tidak pernah membaca kitab apapun, Dan kamu tidak pernah membaca sebelumnya (Alquran) sesuatu Kitabpun dan kamu tidak (pernah) menulis suatu Kitab dengan tangan kananmu; andaikata (kamu pernah membaca dan menulis), benar-benar ragulah orang yang mengingkari(mu). (QS. al-Ankabut: 48)

[baca lanjutan]

BERITA TERKAIT
Tiga Wasiat Rasulullah untuk Kita
Tiga Wasiat Rasulullah: Yuk Laksanakan!
Cintailah Allah pada Level Tertinggi
Tujuh Ujian Hidup Orang Beriman
Janganlah Melampaui Batas
(Tujuh Larangan Rasulullah (3)) Jangan Saling Mencari Aib
Cara Orang Desa Berbahagia, Murah dan Sederhana

ke atas