NASIONAL

Senin, 11 Februari 2019 | 14:12 WIB

Hari Kuncoro Pernah Terlibat Bom Bali

Muhammad Yusuf Agam
Hari Kuncoro Pernah Terlibat Bom Bali
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Hari Kuncoro alias Uceng, eks narapidana yang kembali ditangkap oleh Densus 88 Antiteror. HK mempunyai rekam jejak sejumlah aksi teror di Indonesia, salah satunya bom Bali.

"Bom Bali, NTB, dan serangan di bulan Juli 2018. Terorisme di Jogja juga ikut aktif," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Senin (11/2/2019).

Dedi mengatakan HK tercatat sudah 3 kali divonis hukum atas kasus terorisme. Yang bersangkutan bolak-balik ke penjara dengan kasus yang sama.

"Selain itu, HK bergabung dengan kelompok Taliban Melaya pimpinan Bagus tahun 2011, adik ipar Dulmatin, HK juga kenal Bahrun Naim," ucap Dedi.

Dedi menambahkan HK mempunyai jaringan terorisme yang cukup luas hingga ke luar negeri. HK juga intens berkomunikasi dengan simpatisan ISIS asal Indonesia di Suriah.

"Peran penting si HK karena dia sangat senior, napiter senior yang punya koneksi langsung ke luar negeri dan dianggap menguasai wilayah Indonesia dan Asia karena pernah belajar di Arab Saudi dan giat di Afganistan. Jadi rekam jejak cukup panjang," ujarnya.

HK ditangkap Densus 88 Antiteror pada 3 Januari 2019 lalu di Bandara Internasional Soekarno Hatta. HK ditangkap saat hendak terbang ke Iran dan melanjutkan perjalanan ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS. [rok]

#Terorisme
BERITA TERKAIT
Densus Tangkap Eks Napiter Hendak Pergi Ke Suriah
Belum Terkonfirmasi Pelaku Bom di Filipina WNI
(Pasutri WNI Disebut Pengebom Gereja) Densus88 Bantu Identifikasi Bom Bundir Filipina
Jokowi Dinilai Mudah Patahkan Serangan Prabowo
Debat Capres Kedua, Gagasan Jokowi Mengakar
Prabowo : Bukan Pesimis, Saya Sangat Optimis
Ledakan Dekat Lokasi Debat Capres Adalah Petasan

ke atas