PASAR MODAL

Senin, 11 Februari 2019 | 14:33 WIB

Wilton Resources Resmi Kuasai 96,95% Saham SQMI

M Fadil Djailani
Wilton Resources Resmi Kuasai 96,95% Saham SQMI
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT Renuka Coalindo Tbk (SQMI) telah memiliki pemegang saham pengendali (PSP) baru yakni Wilton Resources Holding Pte Ltd (WRH).

Perubahan ini, setelah perusahaan yang tercatat di bursa efek Singapura itu menyerap sebanyak 15,064 miliar saham dengan harga Rp250 per saham pada penawaran umum terbatas dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue SQMI.

Dengan demikian, WRH menguasai 96,95% saham SQMI. Padahal sebelumnya PSP emiten tambang mineral itu adalah Renuka Energy Resources Holding sebesar 80%. Demikian mengutip keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Senin (11/2/2019).

Dengan perubahan PSP tersebut, kegiatan usaha utama SQMI meliputi investasi, perdagangan besar, perdagangan ekspor dan pertambangan di Indonesia.

Pengendalian ini akan menjadikan Grup Wilton menjadi suatu perusahaan yang yang memiliki kegiatan usaha yang beragam.

Saat ini harga saham SQMI di Rp364 per saham dari pembukaan di Rp370 per saham.

PT Renuka Coalindo Tbk (dahulu Allbond Makmur Usaha Tbk) (SQMI) didirikan tanggal 21 Maret 2000 dengan nama PT Sanex Qianjiang Motor International dan memulai kegiatan komersial pada tahun 2001 sebagai perusahaan perakitan sepeda motor Tiongkok SANEX.

Saat ini, SQMI terutama bergerak dalam bidang perdagangan dan pertambangan. Saat ini, SQMI bergerak dalam bidang perdagangan batubara (memulai kegiatan komersial tahun 2010), sedangkan kegiatan pertambangan dilakukan melalui anak usaha (PT Jambi Prima Coal).

#SQMI #WiltonResources #RenukaCoalindo
BERITA TERKAIT
Bersikap Tenang Saat Bursa Cenderung Tertekan
Meramal Pergerakan IHSG Pasca Debat Capres
Tahun Ini, Astra Agro Siapkan Capex Rp1,5 Triliun
Debat Capres Kedua, Ini Harapan Investor
China Yakin Bisa Capai Kesepakatan dengan AS
Pekan Ketiga, IHSG Masih di Jalur Positif
Harga Emas di Level Tertinggi Dua Pekan Terakhir

ke atas