EKONOMI

Senin, 11 Februari 2019 | 15:30 WIB

Garuda Naikan Tarif, Pengusaha Logistik Bangkrut

M Fadil Djailani
Garuda Naikan Tarif, Pengusaha Logistik Bangkrut
Sekretariat Jenderal ALFI, Akbar Djohan (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) mengeluhkan kenaikan tarif Surat Muatan Udara (SMU) yang diberlakukan maskapai penerbangan.

Sekretariat Jenderal ALFI, Akbar Djohan mengatakan, kenaikan tarif SMU ini ,dilakukan secara diam-diam. Dan, terjadi sejak pertengahan tahun lalu, dan masih terjadi awal Januari 2019.

"Kenaikan itu soal yang biasa yah, cuma prosesnya ajah yang gak biasa, engga ada komunikasi dan koordinasi, hari ini bilang naik sekian ratus persen, ini kan yang bikin panik," kata Akbar saat ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Senin (11/2/2019).

Menurut Akbar yang paling mengagetkan adalah soal tarif kenaikan yang mencapai 300%. Kata dia, kenaikan ini sangat cukup tinggi. "Naiknya capai 300%, kita kan punya kontrak kerja sama yang lain, kalau tiba-tiba naik ini yang berat," keluh Akbar.

Bahkan, kata dia sudah ada rekan mereka yang sama-sama pengusaha jasa logistik yang harus gulung tikar karena mahalnya tarif SMU ini. "Sudah-sudah ada yang tutup, di Makassar dan Surabaya," katanya.

Selain besaran tarif SMU, pihaknya menyesalkan kenaikannya yang berulang dalam satu tahun. Kenaikan tarif SMU dinilai sangat memberatkan perusahaan jasa pengiriman barang atau logistik.

Adanya kenaikan itu sambung dia, berdampak besar dan siginifikan pada biaya operasional perusahaan logistik. Biaya yang harus dikeluarkan pun lebih besar dibandingkan sebelumnya. Sehingga ujungnya juga dirasakan masyarakat.

Sebelumnya, PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) telah menaikkan tarif SMU sejak awal tahun ini. Garuda beralasan kenaikan tarif SMU diambil dan dilakukan lantaran peningkatan biaya operasional yang harus ditanggung maskapai. [ipe]

#PengusahaLogistik #GarudaIndonesia #BiayaLogistik
BERITA TERKAIT
Pengamat: Dongkrak Ekspor ASEAN dengan ATISA
Capaian IPEI untuk DKI Juara, Bali Nomor Dua
Bebani Pengrajin Kecil, Jateng Minta SVLK Dicabut
Kesuksesan Kartu Tani di Ciamis Jadi Percontohan
Kiriman Sapi NTT Disetop, Ini Reaksi Pemprov DKI
(Persiapan Mudik Lebaran) Menhub-KemenPURN Koordinasi Soal Keselamatan Jalan
PLN Pastikan Layanan Listrik Tetap Optimal

kembali ke atas