NASIONAL

Senin, 11 Februari 2019 | 15:32 WIB

Kotak Suara Rusak di Cirebon Akibat Bencana

Ray Muhammad
Kotak Suara Rusak di Cirebon Akibat Bencana
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra menegaskan kerusakan ribuan kotak suara pemilu yang rusak di Cirebon, Jawa Barat disebabkan karena faktor bencana.

Pasalnya, kotak-kotak suara tersebut sejauh ini dilaporkan rusak akibat terkena air hujan yang masuk ke dalam gudang penyimpanan logistik setempat.

Untuk itu, dirinya memastikan seluruh kotak suara yang rusak bakal diganti. KPU Pusat juga akan memerintahkan KPU Cirebon memindahkan sisa kotak suara yang masih dalam kondisi baik ke gudang penyimpanan yang baru.

Kotak suara itu rusak karena bencana. Kami punya kontigensi plan, rencana darurat yang nanti akan kita segera ganti yang nanti kemudian, kata Ilham di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (11/2/2019).

Lebih jauh, ia menambahkan kotak suara yang rusak yang rusak mencapai 1.410 unit saat ini jumlahnya tidak signifikan dengan total kotak suara yang didistribusikan.

Ia mengatakan, jumlah keseluruhan total kotak suara yang didistribusikan mencapai 4.060.079 unit. Dengan demikian, ia memastikan hal ini tak akan mengganggu keberlangsungan pemilu.

Dibandingkan jumlah kotak suara yang begitu banyak, ini tidak terlalu signifikan. Kami segera menggantinya dengan kotak suara baru, setelah ada laporan resmi dari KPU Jawa Barat, ujarnya.

#KotakSuratSuara #Cirebon
BERITA TERKAIT
Kelelahan, Ketua KPPS di Sampang Dilarikan ke RSUD
Real Count Pagi Ini, Jokowi Unggul Raih 56%
Longsor di Kawasan Puncak Timpa Rumah Warga
Diduga Kelelahan, Anggota KPPS Mojokerto Meninggal
Real Count KPU Capai 38,5%, Ini Hasilnya
20 Petugas Dirawat Karena Kelelahan Awasi Pemilu
TKN Adukan Bukti Kecurangan BPN Ke Sentra Gakumdu

kembali ke atas