EKONOMI

Selasa, 12 Februari 2019 | 00:29 WIB
(Jelang Debat Capres)

Formula Harga BBM Sudah Oke, Pertamina Awas Tekor

Formula Harga BBM Sudah Oke, Pertamina Awas Tekor
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Indonesian Resources Studies (Iress) mengapresiasi keberanian pemerintah merumuskan formula harga jual eceran BBM umum atau nonsubsidi.

"Pemerintah berani terbuka, saya kira ini sudah oke," kata Direktur Eksekutif Iress, Marwan Batubara di Jakarta, Senin (11/2/2019).

Ia berharap, formula harga jual eceran BBM akan berlanjut, karena penyesuaian dengan kenaikan atau penurunan harga, menjadi bisa dipertanggungjawabkan.

Meski begitu, Marwan mengingatkan, jangan sampai berdampak atau mengganggu keuangan PT Pertamina (Persero). "Tapi kalau nanti sebelum Pemilu tahu-tahu naik lagi, nah, jangan sampai Pertamina jadi korban lagi," kata Marwan.

Menurut Marwan, formula harga jual BBM anyar, memasukkan margin 5%-10% untuk badan usaha penyalur, diharapkan tidak malah membebani keuangan Pertamina.

Harus diakui, sebagai badan usaha yang menyalurkan BBM subsidi dan penugasan, Pertamina masih dihantui beban kerugian. Lantaran harus menjual BBM di bawah harga keekonomian tanpa ada tambahan subsidi.

"Dalam formula itu margin perusahaan kan sudah ada, jadi tidak memberatkan. Asal formulanya benar. Jangan sampai dapatnya X tapi dijualnya beda. Itu bisa terjadi kerugian lagi bagi Pertamina," kata Marwan. [tar]

#MenteriJonan #Pertamina #Harga #BBM #IRESS
BERITA TERKAIT
Distribusi BBM, Catatan Hitam DPR untuk Pertamina
(Dukung Ekspor UMKM) Pertamina Kirim Mitra Binaan ke Pameran China
Di CPP Gundih, Pertamina Klaim Hemat Rp12,4 Miliar
Progress Smelter Si Anak Emas Freeport Cuman 3,8%
Pertamina Bantu Padamkan Api di Pulau Sumatera
Kerja Keras PHE Tangani Minyak Bocor di Sumur YYA
Gandeng HK, Pertamina Bikin Pipa Offshore Terbesar

kembali ke atas