EKONOMI

Selasa, 12 Februari 2019 | 12:54 WIB
(Jelang Pilpres)

Jokowi Pasang Listrik Gratis di Jabar, Ada Apa?

Indra Hendriana
Jokowi Pasang Listrik Gratis di Jabar, Ada Apa?
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Belakangan ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) rajin meresmikan pemasangan listrik gratis untuk masyarakat. Khususnya di wilayah Jawa Barat (Jabar}.

Nah, apakah ada tujuan tertentu ataupun agenda lain berkaitan pemasangan listrik gratis di Jawa Barat ini? Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Andy Sommeng buru-buru membantah adanya agenda terselububung di balik pemasangan listrik gratis. Selain itu, kegiatan pemasangan listrik gratis tidak dikhususkan di Jabar. Enggak (ada agenda lain). (Kegiatan ini) di seluruh Indonesia, kata Andi Someng di Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Kata dia, pemasangan listrik gratis masif dilakukan di Jabar, karena lavering atau listrik nyantol paling banyak ditemukan di daerah tersebut. Lavering adalah kondisi rumah yang belum mendapatkan listrik langsung dari PLN. Melainkan mendapat dari tetangga, alias nyantol.

Bahkan, kata Someng kondisi listrik yang lavering di Jabar ada 320 ribu. Untuk itu pemasangan listrik dilakukan di Jabar. Di Jabar itu ada 320 ribu (yang lavering), kata dia.

Meski menyebut akan ada penyambungan di daerah lain, tapi Someng belum tahu di daerah mana selain di Jabar. Ia beralasan harus melihat data lavering paling banyak di daerah mana saja.

Kami lihat dulu daerah mana saja yang sudah 100 persen (teraliri listrik), tapi kok masih ada yang belum nyambung, belum ada id pelanggannya. Itu dideketin. Oh ternya mereka gak sanggup bayar biaya sambungan. Kita biasanya pemerintah pln kerja sama dengan CSR, kata dia.

Sebelumnya Presiden Jokowi melakukan penyambungan listrik gratis untuk warga tidak mampu di Bekasi. Sambungan listrik gratis juga diberikan kepada warga miskin di Bogor dan Tasikmalaya. [ipe]

#PresidenJokowi #ListrikGratis #PrabowoSubianto
BERITA TERKAIT
Kelemahan Infrastruktur Jokowi, Hidupkan Bappenas
Jokowi Sebut Laba Pertamina Rp20 T, Bisikan Siapa?
Bela Jokowi Soal Freeport, Jonan Dicap Gagal Paham
(Buntut Tudingan Sudirman) Jonan Ingin Temukan dengan Adkerson, Jokowi Tolak
Sudirman Ungkap Pertemuan Rahasia Jokowi- Freeport
Impor Beras Era Jokowi Dipicu Data Abal-abal
Era Jokowi (Katanya) Surplus Beras, Lha Kok Impor?

ke atas