GAYA HIDUP

Selasa, 12 Februari 2019 | 14:11 WIB

Waspadai Pengeroposan Tulang

Suyadi
Waspadai Pengeroposan Tulang
(Foto: Ilustrasi)

KEROPOS tulang adalah penyakit yang disebabkan karena tulang kehilangan mineral sehingga menjadi rapuh dan semakin lemah secara perlahan-lahan. Gejala keropos tulang yang khas tidak ada hanya sering pegal-pegal. Biasanya penderita baru menyadari penyakitnya ketika tulangnya patah akibat tulang sudah rapuh.

Kerapuhan tulang dianggap sebagai akibat kekurangan calsium. Sehingga pencegahan dan pengobatannya dengan menambah kalsium. Padahal penambahan kalsium hanya dapat bermanfaat bila di dalam tubuh cukup tersedia fosfor. Jika tidak, kelebihan kalsium akan menjadi racun di dalam tubuh.

Wanita lebih berisiko terkena penyakit pengeroposan tulang. Terutama yang telah menopose dan penyakit ini sering menyerang daerah pinggul.

Faktor-faktor yang menyeababkan keropos tulang adalah tulang kehilangan mineral atau karena kurang zat calsium. Selain itu faktor genetika, usia, kekurangan protein, kekurangan vitamin A, C dan D. Juga metabolisme tubuh, karena lumpuh atau cacat, menopose, puber aktif, stroke dan diabites.

Meski begitu keropos tulang dapat dicegah dengan berolahraga. Atau menjalani latihan dengan cara-cara fisioterapi dan banyak mengkonsumsi biji-bijian, jus nanas, vitamin, sayur kucai, hapermut dan lain-lain. Sedangkan yang harus dihindari adalah kopi, minuman keras, kebiasaan merokok, kacang tanah, coklat, daging asap, keju dan hotdog.

Olahraga yang baik untuk mempertahankan keadaan tulang atau menguatkan tulang adalah olahraga peregangan atau olahraga beban. [*]

#Osteoporosis #Tulang
BERITA TERKAIT
Muncul Motif Batik Khas Bogor
Kuliner jadi Daya Tarik Wisatawan Indonesia
Endah Watiningsih: Sukses Bisa Diraih Siapa Saja
(Jakarta Fair Kemayoran 2019) Meriah, Peringatan HUT Kota Jakarta
Menpar Pastikan Pariwisata Banyuwangi Sudah Maju
Hasil Survey: Karyawan Butuh Jaminan Kesehatan
Brand Fesyen Lokal Semakin Diakui

kembali ke atas