EKONOMI

Rabu, 13 Februari 2019 | 15:15 WIB

Rudiantara Sindir Pebisnis Fintech

Mohammad Fadil Djailani
Rudiantara Sindir Pebisnis Fintech
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyindir para pembisnis Financial Technology (Fintech) yang dinilainya sudah keluar dari marwah Fintech sesungguhnya.

Rudiantara mengatakan, kehadiran Fintech seharusnya mengakomodir keterbatasan perbankan dalam menyediakan akses keuangan bagi masyarakat yang belum tersentuh perbankan atau bahasa kerennya inklusi keuangan.

"Fintech ini kan harusnya mendorong ke inklusi keuangan, ke masyarakat yang belum dijamah atau terjamah oleh layanan keuangan. Diarahkan ke unbanked people, yang tidak punya akses ke layanan perbankan, tapi sekarang ini banyak nasabah Fintech punya rekening bank," kata Rudiantara dalam seminar bertajuk 'Teknologi dan Inovasi untuk Masa Depan Keuangan Islam' di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Akibat hal ini, lanjut Rudiantara penetrasi Fintech bagi masyarakat yang tidak memiliki akses keuangan menjadi tidak maksimal, dirinya meminta kepada para pembisnis Fintech untuk lebih mengakomodir masyarakat yang memang tidak memiliki akses perbankan.

"Kan kalau kita Fintech, kita mau pinjam, kita masuk ke aplikasi, kan bayar pulsa, berkurang paket kita. Nah itu yang disubsidi untuk daerah-daerah yang remote. Agar penyelenggara Fintech juga tidak hanya berkumpul di masyarakat yang sudah punya akses keuangan," katanya.[jat]

#Fintech #EkonomiDigital #EkonomiSyariah
BERITA TERKAIT
OJK Sebut Bisnis Pembiayaan Berisiko Tinggi
Pajak Digital, Asosiasi Fintech Minta Harga Khusus
Bamsoet Ingatkan Pebisnis Bayar Pajak Digital
Bekraf: Angkanya Kecil, Jangan Galau Pajak Digital
Lobi Tiongkok Jadi Prioritas Perbaikan Ekonomi RI
Produksi BBM EURO 4, Satu Lagi dari Pertamina
Tekan Inflasi, Bulog Sumut Perkuat Stok Bahan

kembali ke atas