METROPOLITAN

Jumat, 15 Februari 2019 | 13:11 WIB

Tanggapan Anies Soal APBD Dikucurkan ke Ormas

Willi Nafie
Tanggapan Anies Soal APBD Dikucurkan ke Ormas
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi adanya kritikan terkait pemberian APBD untuk sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) dalam kampung-kampung kumuh.

Menurut Anies, apa yang dilakukan itu sudah tepat mengikuti intruksi Perpres Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa.

"Pemprov DKI mengikuti Perpres Nomor 16 tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang dan Jasa," kata Anies, Jumat (15/2/2019).

Anies menjelaskan ada empat tipe swakelola sesuai Perpres Nomor 16 Tahun 2018. Yakni mengamanatkan pemerintah untuk langsung mengerjakan program, menunjuk pemerintah daerah dan kementerian/lembaga mengerjakan bersama-sama, hingga memungkinkan pemda mengajak ormas maupun masyarakat melaksanakan program pemerintah. Di sini masyarakat diberikan ruang berpartisipasi membangun wilayahnya.

"Alhamdulillah bapak presiden mengeluarkan PP baru no 16 tahun 2018. Jadi memang PP baru yang memungkinkan adanya partisipasi masyarakat," tuturnya.

Soal pengawasan penggunaan APBD, kata Anies, telah diatur dalam peraturan gubernur (Pergub) yang sedang disusun oleh jajarannya.

"Negara tidak mendanai gotong royong masyarakat. Lewat ini kegiatan bisa dikerjakan lewat gotong royong. Ya pemerintah, ya juga masyarakat," pungkasnya. [rok]

#AniesBaswedan
BERITA TERKAIT
Jakarta Aman Tembus 7 Ribu User
Aplikasi Jakarta Aman Mulai Dipakai Warga
BPK Janji Objektif Periksa Laporan Pemprov DKI
Anies Targetkan DKI Kembali Raih Predikat WTP
Anies Tolak Komentari Faizal Assegaf
(Perombakan Pejabat) Pemprov Ngaku Sudah Buka-Bukaan Ke DPRD DKI
(Jakarta International Stadium) Mimpi Warga Jakarta Punya Stadion Setara Madrid

ke atas