PASAR MODAL

Sabtu, 16 Februari 2019 | 02:01 WIB

Perusahaan Milik Buffett Lepas Saham Apple

Wahid Ma'ruf
Perusahaan Milik Buffett Lepas Saham Apple
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, New York - Perusahaan milik Waren Buffett, Berkshire Hathaway menurunkan kepemilikannya di Apple sebanyak hampir 3 juta saham, menjadi 249,5 juta, pada kuartal keempat.

Tetapi Warren Buffett dilaporkan tidak ada hubungannya dengan penjualan. "Salah satu manajer selain Warren memiliki posisi di Apple dan menjual sebagian darinya untuk melakukan pembelian yang tidak terkait," kata asisten Buffett Debbie Bosanek dalam emailnya kepada Reuters. "Tidak ada saham di bawah arahan Warren yang pernah dijual."

Bosanek tidak segera menanggapi permintaan komentar CNBC. Bershire tidak membalas panggilan CNBC untuk meminta komentar.

Buffett pertama kali mengumumkan Berkshire membeli Apple pada Februari 2017 meskipun dia tidak menyukai saham teknologi. Dan sejak itu, posisi Berkshire di pembuat iPhone telah tumbuh secara signifikan.

Pada akhir 2017, konglomerat Buffett sudah memiliki 165,3 juta saham Apple, dan membeli 75 juta saham lainnya pada kuartal pertama 2018.

Buffett mengatakan kepada CNBC pada saat itu bahwa dia jelas menyukai Apple, dan "kami membelinya untuk disimpan."

"Kami membeli sekitar 5 persen dari perusahaan. Saya ingin memiliki 100 persen dari itu. ... Kami sangat menyukai ekonomi dari kegiatan mereka. Kami sangat menyukai manajemen dan cara mereka berpikir," kata Buffett seperti mengutip cnbc.com.

Sementara mengupas kepemilikan Apple, Berkshire menambahkan lebih dari 10,8 juta saham Suncor, sebuah perusahaan energi yang berbasis di Calgary, Kanada, pada kuartal keempat, menurut pengajuan Kamis dengan Securities and Exchange Commission.

Berkshire juga mengungkapkan kepemilikan baru 4,175 juta saham di perusahaan perangkat lunak Red Hat, menurut pengarsipan 13-F, yang mendokumentasikan kepemilikan perusahaan pada akhir Desember.

Perusahaan menambah lebih dari 20 juta saham General Motors pada kuartal keempat, meningkatkan total sahamnya menjadi 93,19 juta saham. Itu juga meningkatkan investasinya di banyak bank AS kuartal terakhir termasuk Bank of America, Bankcorp AS, PNC, Bank NY Mellon. Perusahaan melaporkan penambahan 14,45 juta saham JP Morgan pada kuartal keempat, menjadi total 50,116 juta saham.

Pengajuan menunjukkan Berkshire dibubarkan kepemilikannya 41,4 juta saham di Oracle.

#BursaSaham #Dolar #IHSG #TrumpEffect
BERITA TERKAIT
Sikap Baru Trump Topang Penguatan Wall Street
Wall Street Berpotensi Positif
Bursa Saham Asia Berakhir Variatif
IHSG Berakhir naik 0,4% ke 6.057,35
Sesi I, IHSG Naik 0,3% ke 6.053
Bursa Saham Asia Bergerak Variatif
BEI Aktifkan Lagi Saham PT Express Transindo Utama

kembali ke atas