DUNIA

Sabtu, 16 Februari 2019 | 07:39 WIB

3 Negara Eropa Cabut dari KTT Timteng Lebih Awal

3 Negara Eropa Cabut dari KTT Timteng Lebih Awal
(Foto: voa)

INILAHCOM, Warsawa--Tiga negara Eropa--Perancis, Jerman, Inggris--meninggalkan KTT Timur Tengah (Timteng) di Warsawa, Polandia lebih awal di tengah kecaman AS terhadap mereka mengenai kesepakatan nuklir dengan Iran.

Ketiga sekutu AS itu telah menyuarakan dukungan kuat mereka bagi kesepakatan nuklir Iran dan telah menciptakan sistem pembayaran yang bisa menghindari sanksi-sanksi AS terhadap Teheran dalam usaha mempertahankan kesepakatan tersebut.

Sebelumnya, Wakil Presiden AS Mike Pence menuduh Inggris, Perancis dan Jerman hendak melangkahi sanksi AS terhadap Iran. Ia mengatakan ketiga negara mempelopori penciptaan mekanisme untuk melangkahi sanksi AS.

AS menyerukan agar Eropa mundur dari kesepakatan nuklir tahun 2015 dengan Iran, menyusul langkah serupa yang diambil Washington tahun lalu. Pence menuduh sekutu-sekutu Eropa-nya berusaha melanggar sanksi-sanksi AS terhadap apa yang disebutnya "rezim pembunuh revolusioner Iran,"

KTT itu dihadiri 60 negara, termasuk Israel dan beberapa negara Teluk yang mayoritas penduduknya Muslim Sunni. Qatar, Turki dan Libanon menolak berpartisipasi. Iran, yang tidak hadir pada KTT tersebut, menganggap pertemuan itu tidak pernah ada. [voa/lat]

#ktt #timteng
BERITA TERKAIT
AS Terus Menekan Presiden Maduro
Italia akan Gabung dalam Infrastruktur China
Angin Topan Hantam Mozambik, Banyak WNI di Sana
Mesir Perketat Kontrol terhadap Media Sosial
Erdogan Desak Selandia Baru Terapkan Hukuman Mati
Rakyat Tekan Presiden Aljazair Mundur
Korea Utara dan AS Saling Kecam di Jenewa

ke atas