TEKNOLOGI

Selasa, 19 Februari 2019 | 04:04 WIB

Samsung Berhenti Produksi Blu-ray Player di AS

Samsung Berhenti Produksi Blu-ray Player di AS
(samsung.com)

INILAHCOM, San Francisco - Samsung kabarnya bakal menghentikan produksi perangkat pemutar cakram Blu-ray atau Blue-ray Player.

Mengutip The Verge, Samsung mengatakan bahwa mereka tidak lagi membuat Blu-ray Player untuk konten 4K di kemudian hari di pasar AS. Raksasa elektronik Korea Selatan ini juga mengonfirmasi bahwa mereka pun tak akan membuat model Blu-ray Player baru untuk versi 1080p.

Meski demikian, produksi Blu-ray Player bisa saja dilanjutkan di luar AS. Sebab, Samsung hanya mengatakan bakal menghentikan produksi Blu-ray Player di pasar AS saja.

Samsung tak memberikan penjelasan detail, mengapa mereka menghentikan produksi pemutar Blu-ray resolusi 4K dan 1080p, Namun, ada beberapa hal yang bisa disebut sebagai faktor yang berkontribusi.

Alasan pertama, perangkat Blu-ray Player besutan Samsung diketahui tidak memiliki fitur terbaru yang ada di kompetitor, seperti Dolby Vision. Perangkat Blu-ray Player besutan kompetitor, seperti OPPO dan Sony, diketahui memiliki dukungan Dolby Vision.

Alasan kedua, berkembangnnya layanan streaming serta harga film-film 4K online yang turun harga, seperti yang dilakukan oleh Google, Apple, dan Amazon, juga disebut jadi alasan lesunya pasar Blu-ray Player.

Dengan pemangkasan harga tersebut, film-film 4K dengan format digital bisa dengan mudah ditonton dari penyedia layanan streaming, dan semakin terjangkau, daripada harus membeli Blu-ray Player.

Perangkat Blu-ray Player di pasar AS memang mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Berdasarkan riset Nielsen, pemilik perangkat tersebut turun dari 72 persen (Juni 2017) ke 66 persen (Juni 2018).

Samsung telah meluncurkan 4K Blu-ray Player pada 2017 lalu. Sementara pada 2018, Samsung tidak lagi meluncurkan Blu-ray Player model baru.

Kemudian pada 2019, Samsung dilaporkan sedang membuat perangkat Blu-ray Player model baru, namun perangkat tersebut disinyalir telah dihentikan pengerjaannya, seiring hadirnya pengumuman ini.

#Samsung #Bluray #BlurayPlayer
BERITA TERKAIT
(Jelang Lebaran) Samsung Luncurkan Smartphone Harga Sejutaan
Samsung Garap Smartphone dengan Kamera Zoom 5x?
Samsung Galaxy Fold Edisi Game of Thrones
SSLC Kini Berkonsep Paperless School
Samsung Siapkan 5 Posko Mudik dan Layanan Digital
Sengketa Paten, Samsung-Huawei Sepakat Berdamai
Banyak Pilihan, Galaxy Note 10 Punya 5 Warna?

kembali ke atas