GAYA HIDUP

Selasa, 19 Februari 2019 | 15:05 WIB

Perempuan Usia Muda Kerap Alami Skoliosis

Mia Umi Kartikawati
Perempuan Usia Muda Kerap Alami Skoliosis
(Foto: Ilustrasi)\

INILAHCOM, Jakarta - Kesehatan tulang belakang sangat berpengaruh pada penampilan dan juga menimbulkan keluhan. Salah satunya skoliosis.

Kondisi umum skoliosis adalah terlihat adanya progresif sudutnya setelah melewati masa maturitas. Kondisi ini terlihat biasanya lebih tinggi punggung dan bertambahnya sudut.

"Biasanya kondisi ini banyak terjadi pada perempuan usia muda, sudut sudah terlihat besar. Sudut tulang belikatnya terdorong oleh tulang belakang yang miring," kata Dr.dr. Wawan Mulyawan SpBS(K), SpKP, di RS Meilia Cibubur, Jakarta, Selasa, (19/02/2019).

Kemudian, hal ini biasa terjadi ketika usia berkembang di usia 11 tahun. Pasien biasanya datang pada umumnya ke dokter karena alasan kosmetik atau untuk daya tarik atau penampilan.

"Keluhan terjadi ketika pasien tidur atau duduk karena tidur terlentang atau duduk kebangun dan merasa tidak nyaman. Kemudian saat tidur miring juga terganggu," tambahnya.

Skoliosis adalah kondisi medis tulang belakang manusia dilihat dari belakang akan tampak melengkung ke kiri atau ke kanan. Kurva lengkungnya biasanya berbentuk S atau C sedikitnya 10 derajat. (tka)

#perempuan #usia #muda #kerap #alami #skoliosis
BERITA TERKAIT
Kepri Alami Peningkatan Berkat Wisata
Perempuan Inspiratif Tularkan Rasa Mencintai Diri
Kemenpar Dorong Homestay dan Desa Wisata di Sumut
Yuk, Persiapkan Menyusui untuk Ibu Hamil
Jakarta Fair Kemayoran 2019 Banjir Hadiah
Perhelatan Miss Jakarta Fair Masuk Semi Final
Waktu yang Dibutuhkan untuk Turunkan Berat Badan

kembali ke atas