NASIONAL

Kamis, 21 Februari 2019 | 11:54 WIB

KPK Periksa Direktur Dana Perimbangan Kemenkeu

Ivan Sethyadi
KPK Periksa Direktur Dana Perimbangan Kemenkeu
Juru Bicara KPK Febri Diansyah (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Direktur Dana Perimbangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Putut Hari Satyaka hari ini, Kamis (21/2/2019).

Putut bakal diperiksa dalam perkara dugaan suap pengurusan dana perimbangan pada APBN-P 2017 dan APBN 2018 untuk Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat.

"Putut Hari Satyaka akan dimintai keterangan sebagai saksi untuk tersangka NPS (Penjabat Kepala Dinas PU Kabupaten Pegunungan Arfak, Natan Pasomba)," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan saat dikonfirmasi.

Selain itu, lanjut Febri, pihaknya juga memanggil Kasubdit DAK Fisik II Kemenkeu Yuddi Saptopranowo sebagai saksi kasus yang sama.

Dalam perkara ini KPK juga telah menetapkan anggota DPR RI Sukiman sebagai tersangka. Sukiman diduga terima suap dari Natan sebesar Rp 2,65 Miliar dan 22 ribu Dollar Amerika Serikat melalui beberapa pihak sebagai perantara.

Suap diberikan untuk mengatur penetapan alokasi anggaran dana perimbangan daerah pada APBN-P 2017 dan APBN 2018.

Dari pengaturan itu, Kabupaten Arfak mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) pada APBN-P 2017 sebesar 49,915 Miliar dan alokasi DAK pada APBN 2018 sebesar Rp 79,9 Miliar. [rok]

#KPK
BERITA TERKAIT
Gerindra Sebut Kacamata Gucci Mulan Hanya Endorse
KPK Belum Terima Draf Revisi UU
Beredar Video CCTV, Sudah Saatnya KPK Diawasi
Anak Buah Walkot Medan Coba Bunuh Tim KPK
Kasus Suap Di Lapas Sukamiskin, 5 Orang Tersangka
(Terima Suap) KPK Tetapkan Wali Kota Medan Sebagai Tersangka
Kepala BPJN XII Jadi Tersangka Suap Proyek Jalan

kembali ke atas