EKONOMI

Senin, 25 Februari 2019 | 05:09 WIB

RR Kritik Hasto: Jokowi dan Soekarno, Jelas Beda

iwan purwantono
RR Kritik Hasto: Jokowi dan Soekarno, Jelas Beda
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ekonom senior Rizal Ramli kembali mengkritik barisan pendukung capres nomor urut 01, Joko Widodo. Lantaran memberikan pembelaan yang kebablasen alias berlebihan.

Yang dikritik Bang RR, sapaan akrab Rizal Ramli adalah Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto yang menyebut mengkritik infrastruktur Jokowi indetik dengan mengkritik Soekarno.

Pendapat Hasto disampaikan di Jakarta, Jumat (22/2/2019), Bung Karno gencar membangun infrastruktur. Ketika membangun Mesjid Istiqlal, Gelora Bung Karno, Jalan Sudirman, Thamrin, Semanggi dan Monumen Nasional (Monas), Bung karno banyak mendapat kritikan. Belakangan, pembangunan Soekarno dirasakan manfaatnya. "Kritikan paslon 02 identik dengan kritik yang dilontarkan ke Bung Karno saat itu," paparnya.

Nah, melalui akun @RamliRizal, pernyataan Hasto yang menyamakan Soekarno dengan Joko Widodo, sangatlah tidak pas. Di Mana, Bung karno adalah konseptor Trisakti yang kini mulai ditinggalkan Jokowi. Mas Hasto,, jangan dong kaya gini-merendahkan Bung Karno ! BK pencetus dan konsisten memperjuangkan Trisakti. Mas @jokowi, sebaliknya, mencla mencle soal Trisakti, hanya dijadikan slogan doang, tulis Rizal, Sabtu (23/2/2019).

Pandangan Rizal yang pernah dipercaya Presiden Gus Dur menjabat Menko Ekuin itu, menyebut Jokowi kini tak memiliki cara untuk menjaga kedaulatan pangan di Indonesia. Kita ini bisa jadi mangkuk pangan dunia, lahan kita punya, sawah terbentang dimana-mana, musim kita bagus, ini malah impor. Harusnya kita bisa jadi eksportir terbesar di Asia bahkan, jadi jangan seenaknya samakan mas Jokowi dengan Soekarno dong. Soekarno itu orang besar di Indonesia, di belahan dunia bahkan disegani, tegas Rizal.

Mantan anggota Tim Panel Penasihat Ekonomi PBB ini, menyebutkan, Jokowi jelas berbeda dengan Soekarno, dalam memberikan sikap di dunia internasional. Ada memang perannya, tapi bisa dihitung. Namun Soekarno, pesawatnya belum sampai ke negara tersebut, bukan pejabat pemerintahannya yang nunggu, rakyat dari negara-negara yang dituju juga banyak yang nunggu. Ini karena saking fenomenalnya Soekarno, ungkap Rizal.

Sosok yang akrab disapa RR ini kembali mengingatkan konsep Trisakti yang dicetuskan Bung Karno. Mohon diingat, Trisakti itu berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi, berkepribadian secara budaya Ini kita lihat politik kita saat ini, semua gaduh, banyak penyimpangan, Ekonomi kita rusak parah, budaya kita nyaris terkikis oleh peran asing yang masuk ke negara kita, jadi tolong.. jangan samakan Jokowi dengan Soekarno,ketusnya.
Nama Presiden RI Soekarno dijadikan nama Jalan di Maroko Rue Soukarno

Rizal mengungkapkan bukti kecintaan dunia terhadap Soekarno. Ada sebuah jalan di Maroko yang diberi nama Soekarno. Di Maroko ada jalan Soekarno Avenue of Soekarno.. tolong jangan bawa-bawa Soekarno, bukan Indonesia yang tersinggung, dunia bisa marah!, tutup Rizal. [ipe]

#PresidenJokowi #Infrastruktur #Soekarno #RizalRamli
BERITA TERKAIT
Rizal Ramli Pegang Kunci Pembuka Mega Skandal BLBI
Gubes UI Sarankan Jokowi Comot RR Masuk Kabinet
Istana Minta Enggar Muluskan Ekspor RI ke China
Faisal Minta Jokowi Merger Kemendag dan Kemenperin
Petaka Bunga Utang Ketinggian Menteri 'Terbalik'
Jonan Laporkan Blok Masela, Jokowi Langsung Girang
Inilah Menaker & Menteri BUMN Jokowi Versi Aktivis

kembali ke atas