MOZAIK

Jumat, 01 Maret 2019 | 00:04 WIB

Pohon Asam dan Kita

KH Ahmad Imam Mawardi
Pohon Asam dan Kita
(Foto: ilustrasi)

BANYAK orang yang tak suka buah asam (tamarine) karena rasanya yang kecut. Banyak yang lupa bahwa sayur asem tak akan sempurna sebagai sayur asem tanpa buah asam ini. Banyak juga yang tak tahu bahwa jenis tamarine yang manis dan diperjualbelikan di mall besar sebagai buah favorit.

Jangan pernah sedih kalau kita dipandang orang seperti buah asam, dan tidak dipandang seperti buah apel Washington, buah kiwi, peer atau anggur yang mewah. Buah asam juga memiliki banyak guna. Catat pula bahwa buah asam juga memiliki penggemar yang fanatik. Lebih dari itu, ada pujangga yang sangat senang menjadikan buah asam sebagai ibarat inspiratifnya.

Biji asam (tamarine) itu tidak pernah tahu bahwa dalam dirinya terdapat potensi menjadi pohon asam yang besar yang berbuah ribuan bahkan jutaan buah asam. Demikian untaian kalimat bernas salah seorang pujangga yang pernah saya dengar.

Makna dari kalimat diatas adalah: Jalani hidup ini dan memohonlah kepada Allah semoga dari dalam hati kita bisa tumbuh sesuatu yang bermanfaat untuk orang banyak. Teruslah optimis. Tak ada yang tercipta tanpa ada maksud dan guna. Salam, AIM. [*]

#PencerahHati #AhmadImamMawardi #AIM
BERITA TERKAIT
Penyakit 'Aku Capek Hidup' Mulai Menggejala
Persoalan Nyata dari Kisah Nyata tentang Zakat
Hakikat Kehidupan dan Cara Terbaik Menyikapinya
Kapan Kita Terakhir Mendengar Firman Allah?
Serba-serbi Bulan Puasa
Pelajaran Kehidupan yang sangat Bernilai
Belum Bisa Tersenyum? Belajarlah pada Kakek Bijak

kembali ke atas