NASIONAL

Senin, 04 Maret 2019 | 16:45 WIB

Lagi, Teroris Poso Ditangkap, Polri Imbau Menyerah

Muhammad Yusuf Agam
Lagi, Teroris Poso Ditangkap, Polri Imbau Menyerah
Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Rudy Sufahriadi

INILAHCOM, Jakarta - Satgas Tinombala menangkap Aditya alias Idad, anggota teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora dalam baku tembak pada Minggu (3/3/2019) sore. Polri meminta kepada DPO lainnya untuk segera menyerah.

"Dari sekian lama pencarian sudah lama juga kita tidak berhasil mendapatkan mereka, akhirnya telah berhasil. Apresiasi yang bagus terhadap rekan-rekan yang melaksanakan operasi tinombala di Poso, Sulteng," kata Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Rudy Sufahriadi di Mabes Polri, Jakarta, Senin (4/3/2019).

"Kita akan terus lakukan pencarian dan penegakan hukum. Tentunya kita mengimbau agar mereka menyerah saja," sambung dia.

Baku tembak itu terjadi pada Minggu (3/3/2019) sore di Desa pedopi di Poso Pesisir Selatan, Sulawesi Tengah. Rudy mengatakan kelompok ini hanya berputar-putar di tiga lokasi di kawasan pegunungan Poso.

"Selalu berpindah-pindah, dia selalu ada di Poso pesisir utara dan selatan Itu saja yang terbagi 2 yang tidak berpindah lagi ke mana-mana bahkan sekarang sampai ke daerah sausu Parigi Moutong. Dari gunung-gunung inilah lokasi mereka kalau di sini ditutup pindah ke kiri yang di posisi Utara Namun demikian ternyata ada di pesisir selatan kemarin," ucapnya.

Rudy menjelaskan kelompok ini dibagi dua untuk memecah konsentrasi Satgas Tinombala yang tengah melakukan pengejaran. Meski berpisah, kelompok ini tetap masih berkomunikasi.

Saat ini kelompok teroris tersebut tersisa 12 orang.

"Kemungkinan dibagi dua kelompok dengan kelompok kecil tapi masih terlihat, mereka sering melihat dan memberi tanda ini kita lakukan pengejaran. Jadi ada 3 tempat itu yang sekarang dulu ada 4 tempat besar, sekarang 3 disitu-situ aja tapi cukup luas tempatnya," jelasnya. [ton]

#TerorisTemanggung
BERITA TERKAIT
Rektor UHO Tekankan pada Mahasiswa Soal Cinta NKRI
Jalan Trans Kalimantan Terendam Banjir
Polres Gunung Kidul Siap Amankan Natal-Tahun Baru
Harimau ke Pemukiman Warga, Ini Kata BKSDA Sumsel
Posko Bencana Solok Selatan Kehabisan Stok Sembako
Ketum IKAALL Siap Jalankan Tugas DTKJ
Antisipasi Banjir, Gresik Bangun Posko Pengungsian

kembali ke atas