MOZAIK

Selasa, 05 Maret 2019 | 02:02 WIB

Berdoa dengan Yakin

Quraniy
Berdoa dengan Yakin
(Foto: Ilustrasi)

DARI Abu Hurairah radliyallahuanhu, Nabi Muhammad shalallahualaihi wasallam pernah bersabda, Berdoalah kepada Allah dalam keadaan yakin akan dikabulkan, dan ketahuilah Allah tidak akan mengabulkan doa dari hati yang lalai. (HR Tirmidzi).

Imam Ibnul Qayyim rahimahullah berkata, Doa adalah sebab terkuat bagi seseorang agar bisa selamat dari hal yang tidak ia disukai, dan sebab utama meraih hal yang diinginkan. Akan tetapi pengaruh doa pada setiap orang berbeda-beda.

Beliau melanjutkan, Ada yang doanya berpengaruh lemah sebab dirinya sendiri. Boleh jadi doa itu adalah doa yang tidak Allah sukai karena melampaui batas. Boleh jadi doa tersebut berpengaruh lemah karena hati hamba tersebut yang lemah dan tidak menghadirkan hatinya kala berdoa.

Masih penjelasan Imam Ibnul Qayyim, Boleh jadi pula karena adanya penghalang terkabulnya doa dalam dirinya. Seperti makan makanan haram, noda dosa dalam hatinya, hati yang selalu lalai, nafsu syahwat yang menggejolak, dan hati yang penuh kesiasiaan. (Al Jawaabul Kaafi).

Ingatlah, doa begitu penting dalam rangkaian usaha kita untuk mencapai suatu tujuan. Menghadirkan keyakinan akan terkabulnya doa kita termasuk bagian penting dalam doa kita. Tentu juga dengan menghindari penyebab-penyebab terhalang terkabulnya doa kita sebagaimana Ibnul Qayyim jelaskan di atas.

Tetaplah berdoa, dan tetaplah yakin dan husnuzhzhan kepada Allah. [*]

#Quraniy
BERITA TERKAIT
Mintalah Doa Orangtua
Islam adalah Jalan Kejayaan
Meminta-minta pada Zaman Now
Hanya Islam Agama yang Diterima Allah
Mencari Akhirat Bukan Berarti Mengharamkan Dunia
Al Noor, Chistchurch, Kami Bersamamu
Menyikapi Anak Berkata Kasar atau Jorok

ke atas