MOZAIK

Kamis, 07 Maret 2019 | 02:02 WIB

Doa Mustajab Saudara dari Jauh

Quraniy
Doa Mustajab Saudara dari Jauh
(Foto: Ilustrasi)

ADA saatnya, sesungguhnya, kita sedang dalam peran yang sangat penting bagi orang lain. Terutama saudara kita yang jauh. Namun sayang, karena ketidaktahuan akan peran penting kita, kita tidak memanfaatkannya. Peran apa itu?

Kita bisa membantu saudara yang jauh dengan doa. Kita mendoakan kebaikan bagi mereka. Allah Maha Pemurah, Allah jadikan doa seorang muslim bagi saudaranya dari tempat jauh sebagai doa yang mustajab.

Dari Abu Darda radliyallahu anhu, dia berkata bahwa Nabi shalallahu alaihi wasallam bersabda, Tidaklah seorang muslim berdoa untuk saudaranya yang tidak di hadapannya, maka malaikat yang ditugaskan kepadanya berkata, Aamiin, dan bagimu seperti yang kau doakan. (HR. Muslim).

Imam Nawawi rahimahullah mengatakan bahwa hadits tersebut menjelaskan tentang keutamaan seorang muslim mendoakan saudaranya dari tempat yang jauh, jika seandainya dia mendoakan sejumlah atau sekelompok umat Islam, maka tetap mendapatkan keutamaan tersebut. Maka ulama ketika berdoa untuk diri mereka sendiri, mereka menyertakan saudaranya dalam doa tersebut. Karena disamping terkabul dia akan mendapatkan sesuatu semisalnya.

Mendoakan kebaikan bagi saudaranya dari tempat yang jauh dan tanpa diketahui oleh saudara yang didoakannya tersebut, maka InsyaAllah doa tersebut lebih berpotensi dikabulkan oleh Allah. Sebab doa yang tidak diketahui oleh orang yang didoakan, lebih mendekat ke ikhlas. Karena jauh dari riya dan sumah dan jauh pula dari berharap balasan orang yang didoakan. Doa seperti ini lebih diterima Allah.

Allahu Alam.

#Quraniy
BERITA TERKAIT
Mintalah Doa Orangtua
Islam adalah Jalan Kejayaan
Meminta-minta pada Zaman Now
Hanya Islam Agama yang Diterima Allah
Mencari Akhirat Bukan Berarti Mengharamkan Dunia
Al Noor, Chistchurch, Kami Bersamamu
Menyikapi Anak Berkata Kasar atau Jorok

ke atas