EKONOMI

Jumat, 08 Maret 2019 | 14:21 WIB

Berburu Izin, 117 Fintech Antri di Meja OJK

M Fadil Djailani
Berburu Izin, 117 Fintech Antri di Meja OJK
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat sedikitnya ada 117 perusahaan finansial teknologi atau financial technology (fintech) yang saat ini sedang antri di meja OJK untuk mendapatkan izin beroperasi.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan NonBank OJK, Riswinandi di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Jumat (8/3/2019). "117 platform yang berminat dan berproses di OJK," kata Riswinandi.

Riswinandi bilang sampai saat ini sudah ada sekitar 99 perushaan fintech yang terdaftar dan berizin sesuai dengan ketentuan OJK.

Berdasarkan data OJK, hingga akhir Januari 2019, penyaluran pinjaman Fintech P2P Lending mencapai Rp25,59 triliun dari 99 penyedia layanan telah terdaftar yang bergerak di bidang produktif, multiguna konsumtif dan syariah.

Dari sisi lender, sudah ada 267.496 entitas yang memberikan pinjaman kepada lebih dari 5 juta masyarakat dengan lebih dari 17 juta transaksi.

"Kehadiran fintech diharapkan mampu kontribusi dalam meningkatkan indeks inklusi keuangan. 2016 indeks inklusi keuangan 57,82%, akhir taun ini pemerintah targetkan sampai 75%," katanya. [hid]

#Fintech #EkonomiDigital #EkonomiSyariah
BERITA TERKAIT
OJK Sebut Bisnis Pembiayaan Berisiko Tinggi
Pajak Digital, Asosiasi Fintech Minta Harga Khusus
Bamsoet Ingatkan Pebisnis Bayar Pajak Digital
Bekraf: Angkanya Kecil, Jangan Galau Pajak Digital
Kementan Pembinaan untuk Swasembada Benih Bermutu
Kementan-CPI Kenalkan Mobil Pengering Jagung Baru
(Tragedi Gelembung Gas) Pertamina dan Warga Bersihkan Pantai Sedari

kembali ke atas