EKONOMI

Rabu, 13 Maret 2019 | 03:09 WIB

Di DPR, Bos Arutmin Pamer Setor Duit Reklamasi

Indra Hendriana
Di DPR, Bos Arutmin Pamer Setor Duit Reklamasi
CEO PT Arutmin Indonesia Ido Hutabarat

INILACOM, Jakarta - CEO PT Arutmin Indonesia Ido Hutabarat pamer sudah menyetorkan dana jaminan reklamasi dan pasca tambang untuk kegiatan operasi tambang perusahaan miliknya. Perusahaan ini punya 5 lokasi tambang di Kalimantan Selatan.

Demikian dikatakan Ido pada saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR, Selasa (12/3/2019). Komisi VII DPR hari ini memang menggelar RDP dengan Dirjen Minerba Kementerian ESDM, serta ratusan pengusaha tambang.

Ido mengatakan, sampai saat ini Arutmin sudah memberikan jaminan reklamasi Rp 710 miliar dan jaminan pasca tambang senilai US$ 53,17 juta. Uang ini, kata dia, sudah disetorkan ke bank dalam bentuk deposito. Kami sudah menyerahkan duit jaminan tambang US$ 53,17 juta berupa depositu, dan jaminan reklamasi Ro 710 miliar, kata Ido di Gedung DPR.

Dia merinci, perushaannya mendapatkan izin lokasi dari pemerintah berupa PKP2B seluas 15.000 hektare. Dari luasan areal itu, pihaknya sudah melakukan reklamasi 7.100 hektare. Uang yang dipakai untuk reklamsi dari yang sudah disetorkan.

Tapi dia tidak merinci berapa total biaya reklamasi 7.100 hektare dari 15.000 ha. Hanya saja, kata dia, reklamasi dilakukan oleh pihaknya tidak lama setelah kegiatan penambangan selesai. Proses reklamsi itu diawali waktu kami menambang, di beberapa area, area batu penutup tambang, setelah kita menyelesaian daerah tersebt, kata dia.

Meski sudah melakukan reklamasi, tapi kegiatan pasca tambang atau membuat lahan itu menjadi taman atau yang lainnya usai dilakukukan reklamasi sampai saat ini belum dilakukan.

Direktur Teknik dan Lingkungan Minerba Kementerian ESDM Sri Raharjo angkat suara mengenai kegiatan pasca tambang akan dilakukan oleh Arutmin pada tahun 2020. Menurut dia, kegiatan itu dilakukan pada waktu bersamaan. Untuk Arutmin ada 5 lokasi yang nanti pasca tambangnya dimulai 2020, tapi sudah melakukan reklamasi, ujar dia. [ipe]

#Reklamasi #Arutmin.DPR
BERITA TERKAIT
Senator dan Mardiasmo Bahas RPJMN 2020-2024
Kemenkop-Baznas Berdayakan Usaha Mikro Lewat Zakat
BI Surakarta Siapkan Rp14,5 M untuk Penukaran Uang
Sinergi Pemkot-Bea Cukai Malang Sita Ratusan Miras
Silatnas Hipmi Berharap Agenda Bergeser ke Ekonomi
Kemendes PDTT dan Bank-bank BUMN Gelar Pasar Murah
PUPR Pastikan Jalur Motor Sudah Laik untuk Mudik

kembali ke atas