BOLA

Jumat, 15 Maret 2019 | 03:00 WIB
(Leg II Babak 16 Besar Liga Europa)

Chelsea Menang Besar 5-0 atas Dinamo Kiev

Arif Budiwinarto
Chelsea Menang Besar 5-0 atas Dinamo Kiev
(Foto: gettyimages)

INILAHCOM, Kiev - Chelsea melangkah ke babak perempatfinal Liga Europa setelah menang telak 5-0 atas Dynamo Kiev di leg kedua babak 16 besar.

Chelsea bertamu ke kandang Dinamo Kiev, Stadion NSK Olympiyskiy, Kiev, Jumat (15/3/2019) dini hari WIB. The Blues datang bermodalkan kemenangan 3-0 di pertemuan pertama.

Pelatih Chelsea, Maurizio Sarri, mengistirahatkan sejumlah pemain utamany di laga ini termasuk David Luiz, Eden Hazard dan kapten Cesar Azpilicueta. Olivier Giroud jadi tumpuan The Blues di lini depan.

Babak pertama baru berjalan lima menit, Chelsea sudah membuka keunggulan. Menerima umpan sundulan kepala Ruben Loftus-Cheek di area penalti, Giroud dengan mudah membobol gawang lawan.

Gol tersebut membuat keunggulan agregat menjadi 0-4 bagi Chelsea. Situasi tersebut membuat The Blues semakin nyaman menguasai bola. Sementara Dynamo Kiev terlihat kurang greget, mereka hanya sesekali melancarkan tekanan.

Giroud kembali mencatatkan namanya di papan skor di menit ke-33. Berawal dari pergerakan Marcos Alonso di sisi kiri, ia melepaskan umpan silang ke tengah kotak penalti. Giroud membelokkan bola dengan kaki kanan ke tiang dekat yang membuat kiper Denys Boyko mati langkah.

Meski sudah unggul dua gol, Chelsea belum mengendurkan serangan. Hasilnya, mereka menambah keunggulan jadi 3-0 di menit ke-45+1. Callum Hudson-Odoi melakukan operan satu-dua dengan Giroud. Callum kemudian mengejar bola yang bergulir di sisi kiri kotak penalti Kiev, kemudian melepaskan umpan mendatar ke tengah kotak penalti yang disambar Marcos Alonso jadi gol.

Di awal babak kedua, Dynamo Kiev mengambil inisiatif menyerang sejak menit awal. Mereka hampir saja mencetak gol hiburan di menit ke-51. Sayang, sepakan jarak dekat Serhiy Sydorchuk masih mengenai tiang gawang.

Selepas peluang tersebut, Chelsea baru mulai panas. Tim London Biru menjauhkan keunggulan menjadi 4-0 di menit ke-59. Umpan tendangan bebas Willian dari sayap kanan dibelokkan Giroud menggunakan kepala. Ini menjadi hatrik Giroud di laga ini sekaligus menambah torehan golnya di Liga Europa menjadi sembilan gol.

Tertinggal jauh 0-4, Dynamo Kiev terlihat kehilangan motivasi karena sulit untuk membalikkan agregat. Situasi tersebut dimanfaatkan Chelsea untuk menambah gol kelima.

Callum Hudson-Odoi tak mau ketinggalan mencatatkan namanya di papan skor. Di menit ke-78, ia menaklukkan kiper lawan dalam situasi satu lawan satu. Skor 5-0 bagi kemenangan Chelsea tak berubaha hingga laga usai.

Dengan hasil tersebut, The Blues melaju ke babak perempatfinal berkat keunggulan agregat 8-0.

Susunan Pemain

Dynamo Kiev: Denys Boyko; Kedziora, Burda, Kada, Mykolenko; Sydorchuk (Tche 65'), Shepelev (Andrievsky 87'); tsigankov, Shaparenko, Siddey (Smyrniy 81'); Garmash

Chelsea: Kepa Arrizaballaga; Marcos Alonso; Christensen, Ruediger, Zappacosta (Azpilicueta 69'); Loftus-Cheek, Kovacic, Kante (Jorginho 65'); Willian (Pedro 74'), Giroud, Hudson-Odoi

#:LigaEuropa #Chelsea #DynamoKiev
BERITA TERKAIT
Gagal Rekrut Hazard, Madrid akan Bawa Pemain Ini
Santos: Chelsea akan Lebih Baik di Musim Depan
Hudson-Odoi Butuh Menit Bermain di Level Tertinggi
Tawaran Madrid untuk Hazard Ditolak Chelsea
Liga Eropa Bukan Satu-satunya Jalan Chelsea ke UCL
Gonzalo Higuain Harus Tingkatkan Performanya
Kalah dari Everton, Chelsea Punya Masalah Mental

ke atas