GAYA HIDUP

Jumat, 15 Maret 2019 | 18:05 WIB

Menpar Pastikan Tanjung Gunung Siap jadi KEK

Mia Umi Kartikawati
Menpar Pastikan Tanjung Gunung Siap jadi KEK
Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya (inilahcom)

INILAHCOM, Bangka - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memastikan Tanjung Gunung di Provinsi Bangka Belitung (Babel) telah siap untuk dikembangkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

"Sejauh ini, rata-rata investasi yang telah dilakukan mencapai 76 persen yakni Rp.5 triliun. Investor yang sudah masuk yakni Sheraton, Sofitel, dan MGallery. Diharapkan, pembangunan sudah selesai pada Agustus 2019," kata Menpar Arief Yahya seperti yang dikutip dari siaran pers, Jumat, (15/03/2019).

Disampaikannya, kawasan Tanjung Gunung sudah siap dikembangkan sebagai KEK dan bisa mulai dioperasikan. Hal ini bisa dilihat dari kesiapan infrastrukturnya.

"Hari ini, tepat 3 tahun kurang 1 hari setelah kita mendapatkan area ini. Berdasarkan aturan resmi, KEK harus sudah dioperasikan," tambah Menpar.

Lebih lanjut, Arief Yahya mengatakan bahwa dalam pengembangan kawasan Tanjung Gunung, sebaiknya dilakukan perjanjian kerja sama dengan pihak terkait untuk menghindari terjadinya aktivitas yang merugikan kawasan tersebut, misalnya aktivitas penambangan liar.

Mengenai potensi wisata, Menpar Arief Yahya menyatakan bahwa rata-rata pengeluaran wisman yang datang ke Bangka yakni 2 ribu dolar AS. Biasanya, yang datang adalah wisman yang memasuki usia pensiun. Total pengeluarannya yakni 1 miliar dolar AS pertahun.

Lokasi KEK Tanjung Gunung berada dekat Bandara Dipati Amir atau hanya sekitar tujuh kilometer.

Untuk luas lokasi, kawasan KEK Tanjung Gunung direncanakan sekitar 385 hektar, sedangkan untuk KEK Sungailiat sekitar 600 hektar mencakup Pantai Rambak hingga Pantai Rebo.(tka)

#menteri #pariwisata #pastikan #tanjunggunung #siap #ja
BERITA TERKAIT
Menkes : Jangan Ragu Hubungi 119 Saat Mudik
Menpar Inspirasi Mahasiswa ITB
(Jakarta Fair Kemayoran 2019) Dua Panggung Megah Siap Hibur Penonton
Beragam Program Kemenpar untuk Hari Raya
Jakarta Fair Kemayoran Sajikan Pameran Multiproduk
Jakarta Fair Kemayoran 2019 Siap Digelar
Poltekpar Lombok Gandeng Kedubes Prancis

kembali ke atas