DUNIA

Jumat, 15 Maret 2019 | 19:20 WIB
(Insiden Penembakan Brutal di Masjid)

Pelaku Penyerangan Posting Manifesto Anti-Islam

Pelaku Penyerangan Posting Manifesto Anti-Islam
(ist)

INILAHCOM, Christchurch - Pelaku penembakan brutal di Masjid Al Noor di Deans Ave, Christchurch, Selandia Baru, yang menayangkan aksi sadisnya melalui layanan live streaming di internet, dilaporkan telah memposting sebuah manifesto setebal 87 halaman yang berisi alasannya melakukan penembakan itu.

Manifesto tersebut berisi pandangan anti-imigran, anti-muslim, dan penjelasan mengapa serangan itu dilakukan.

Seperti dilansir News.com.au, Jumat (15/3/2019), dalam manifesto yang ditulisnya, pelaku menyebut dirinya sebagai 'pria kulit putih biasa'. Dia mengaku dilahirkan dari sebuah keluarga kelas pekerja, berpenghasilan rendah, dan memutuskan untuk mengambil sikap demi memastikan masa depan bagi rakyatnya.

Dia menyebutkan bahwa dirinya melakukan penembakan itu untuk 'secara langsung mengurangi tingkat imigrasi di tanah-tanah Eropa'.

Baca juga: Pelaku Tayangkan Aksi Sadisnya via Live Streaming

Dalam tayangan live streaming-nya saat melakukan serangan ke masjid, pelaku mengaku bernama Brenton Tarrant. Nama tersebut, menurut media lokal Selandia Baru, The New Zealand Herald, mengarah pada seorang pria kulit putih berusia 28 tahun kelahiran Australia.

Dalam jumpa persnya di Sydney, Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison menyebut pelaku sebagai teoris. Dia pun mengutuk keras serangan brutal tersebut.

"Kita berdiri di sini dan mengutuk benar-benar, serangan yang terjadi hari ini oleh seorang teroris ekstremis sayap kanan dan kejam," kata PM Morrison.

Baca juga: PM Australia Kecam Serangan Sadis oleh Warganya

Selandia Baru tengah dilanda duka. Dalam waktu yang berdekatan, dua masjid yang ada di Christchurch diserang oleh orang bersenjata yang menembakan senapan semi-otomatis secara membabi buta.

Sedikitnya 49 orang tewas dalam serangan brutal ini.

Baca juga: PM Selandia Baru: Ini Serangan Teroris!

#penembakan #masjid #newzealand #selandiabaru
BERITA TERKAIT
Masjid Al-Noor di Selandia Baru Sudah Dibuka
Ini Beberapa Keputusan Hebat PM Selandia Baru
(Kasus Penembakan di Masjid di Selandia Baru) Brenton Tarrant Terancam Penjara Seumur Hidup
Empat Masjid Dirusak di Inggris
Warga Selandia Baru Berkumpul Dekat Masjid Al-Noor
Selandia Baru Siarkan Langsung Azan Salat Jumat
Tarian Haka, untuk Korban Teror Selandia Baru

ke atas