METROPOLITAN

Jumat, 15 Maret 2019 | 22:26 WIB

Pemprov Sebut Rotasi Pejabat Tak Perlu Assesment

Happy Karundeng
Pemprov Sebut Rotasi Pejabat Tak Perlu Assesment
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Chaidir mengatakan, perombakan pejabat yang dilakukan di lingkungan Pemprov DKI Jakarta beberapa waktu lalu, tidak memerlukan tes asesmen.

Pasalnya, pejabat yang terkena rotasi adalah para pejabat yang sudah pernah dites saat akan menduduki jabatan struktural untuk pertama kalinya.

"Enggak serta merta semua orang dites. Kalau dia sudah pernah ikut tes, datanya ada. Misalnya saya geser nih, dulu di Dinas Sosial, kemudian ke BKD, enggak perlu dilakukan asesmen karena data asesmennya udah ada," katanya di Jakarta, Jumat (15/3/2019).

Chaidir menjelaskan, tes asesmen diberlakukan kepada staf yang baru akan dipromosikan untuk menduduki jabatan struktural. Mereka harus mengikuti uji kompetensi itu untuk memenuhi syarat jabatan.

"Ketika sekarang enggak menjabat, staf di suku dinas, mau dijadikan lurah atau apa sama wali kota, itu harus dites kompetensi dulu," kata dia.

Masa berlaku uji kompetensi itu, lanjut Chaidir, yakni dua tahun. Pejabat harus kembali mengikuti uji kompetensi setelah dua tahun.

Sebagaimana diberitakan, Komisi A DPRD DKI akan mengusulkan pembentukan panitia khusus (pansus) perombakan pejabat DKI.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diketahui merombak 1.125 pejabat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta yang terdiri dari 15 pejabat eselon II, 274 pejabat eselon III, dan 836 pejabat eselon IV pada Senin (25/2/2019).

Komisi A Bidang Pemerintahan DPRD DKI Jakarta kemudian sepakat membentuk pansus untuk menyelidiki perombakan pejabat itu. [ton]

BERITA TERKAIT
Cuaca Ibukota Akhir Pekan Diprediksi Cerah
Sabtu Siang, Jakarta Siap-Siap Diguyur Hujan
Titik Angkutan Online yang Diizinkan Dekat Sta MRT
8 MRT Dioperasikan Gratis Usai Diresmikan Jokowi
Reaksi Anies saat Sampah Disorot Leonardo Dicaprio
Korban Salah Tangkap Tunggu Proses di Polda
Bupati Kepulauan Seribu Mengeluh, Ini Reaksi Anies

ke atas