NASIONAL

Jumat, 22 Maret 2019 | 09:42 WIB

Wiranto Pimpin Apel Pengamanan Kampanye Pemilu

Muhammad Yusuf Agam
Wiranto Pimpin Apel Pengamanan Kampanye Pemilu
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM Wiranto memimpin apel TNI-Polri dalam kesiapan pengamanan kampanye terbuka Pemilu 2019. Apel dihadiri oleh ratusan ribu personel TNI-Polri dan unsur linmas.

Apel digelar di Pangkalan TNI AU, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (22/3/2019). Turut hadir Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian beserta pejabat utama.

Wiranto mengatakan kesiapan apel pengamanan kampanye terbuka Pemilu 2019 ini digelar serentak di seluruh Indonesia. Wiranto menegaskan pentingnya kesiapan aparat keamanan dalam mengamankan jalannya kampanye terbuka Pemilu 2019 yang dimulai 24 Maret dan berkahir 13 April nanti.

"Pada hari ini kita berkumpul bersama menggelar apel kesiapan TNI-Polri dan komponen bangsa lainnya dalam mengamankan Pemilu Serentak Tahun 2019. Kegiatan apel ini dilaksanakan secara serentak dan massif di seluruh wilayah Indonesia baik itu di tingkat Provinsi maupun di tingkat Kabupaten/Kota dengan melibatkan prajurit TNI-Polri dan komponen masyarakat lainnya," kata Wiranto.

Adapun jumlah personel yang ditudingkan gabung TNI-Polri yakni 453.133 dengan dikunjungi ormas dan Polmas. Wiranto meminta aparat TNI-Polri untuk bersikap netral dan bertanggung jawab atas keamanan selama Pemilu 2019 berlangsung.

Wiranto menyatakan masyarakat harus dilibatkan dalam pengamanan ini namun tetap harus sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Untuk itu saya berharap kepada seluruh prajurit TNI-Polri dan komponen masyarakat yang dilibatkan agar melaksanakan tugas ini dengan penuh dedikasi dan rasa tanggungjawab, karena bagi Prajurit Bhayangkari Negara tugas adalah kehormatan yang tidak ternilai harganya," ujarnya.

Hadir dalam apel ini Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Ketua KPU Arief Budiman, Ketua Bawaslu Abhan serta ratusan ribu personel TNI-Polri, Polmas, dan Ormas. [rok]

#Wiranto
BERITA TERKAIT
Megawati Terus Pantau Kondisi Kesehatan Wiranto
Luhut Soal Wiranto:Di Amerika Terjadi Berkali-kali
Jenguk Wiranto, Ma'ruf: Dalam Proses Penyembuhan
Ical: Kami Khawatirkan Kebangkitan Islam radikal
Ical: Kelingking Wiranto Terluka Tangkis Serangan
Aburizal Bakrie Jenguk Wiranto di RSPAD
Kepada Zulhas, Wiranto Curhat Pelaku Penusukan

kembali ke atas