NASIONAL

Jumat, 22 Maret 2019 | 15:17 WIB

Pemerintah Gelontorkan Rp5,1 T untuk Gempa Lombok

Ahmad Farhan Faris
Pemerintah Gelontorkan Rp5,1 T untuk Gempa Lombok
(Foto: Inilahcom/Ahmad Farhan)

INILAHCOM, Lombok - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan tatap muka dengan masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) penerima bantuan stimulan di Gedung HAKA Bertais, Lombok pada Jumat (22/3/2019).

Dalam pertemuan itu, Jokowi meminta masyarakat Lombok memahami tujuan pemerintah yang memberikan bantuan berupa rumah tahan gempa dalam program percepatan rehabilitasi dan Rekonstruksi Rumah Tahan Gempa (RTG).

"Karena kita sadari betul Lombok ini kita harus sadar bahwa daerah rawan gempa. Rumah tahan gempa sudah keharusan," kata Jokowi.

Menurut dia, pembangunan rumah tahan gempa untuk masyarakat Lombok agar masyarakat bisa hidup berdampingan dengan alam seperti di negara Jepang. Memang, masih ada yang belum dibangun dan sudah dibangun pascagempa.

"Ini sudah menjadi sunnatullah bahwa Lombok diberikan kesuburan tanah dan alam yang indah, tapi juga sebagai daerah yang rawan gempa. Dengan rumah tahan gempa, kita bisa hidup berdampingan dengan alam," ujarnya.

Selain itu, Jokowi mengatakan pemerintah juga telah menggelontorkan bantuan kepada masyarakat yang rumahnya mengalami rusak ringan, sedang hingga berat. Tentu, rumah tersebut akan diperbaiki sebanyak 216 ribu rumah di Lombok dengan dana Rp 5,1 triliun.

"Tapi uangnya sudah masuk Rp3,5 triliun dan kemarin lagi. Totalnya sudah di sini Rp5,1 triliun. Sudah di sini!" tandasnya. [rok]

#GempaLombok
BERITA TERKAIT
Jokowi Lantik Perwira TNI-Polri di Istana
Lahan Bambu di Pamekasan Terbakar
Gempa Jembrana Bali, Ini Analisis dan Imbauan BMKG
Andre Rosiade : Kasihan Lihat Demokrat Panik
Mangkir Lagi, KPK Bakal Panggil Adik Nazaruddin
Gempa di Bali, Warga Banyuwangi Berhamburan
TNI AL Gagalkan Penyelundupan 21 Kg Sabu di Kepri

kembali ke atas