TEKNOLOGI

Jumat, 05 April 2019 | 08:08 WIB
(Melalui Palapa Ring Timur)

XL Kebut Jaringan 4G LTE di Luar Pulau Jawa

Ibnu Naufal
XL Kebut Jaringan 4G LTE di Luar Pulau Jawa
Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya (inilahcom)

INILAHCOM, Banyuwangi - XL Axiata terus menjaga konsistensi untuk membangun jaringan 4G LTE di luar Jawa tahun ini, salah satunya dengan pemanfaatan kabel serat optik yang dilalui Palapa Ring Timur.

Infrastruktur seperti menara Base Transceiver Station (BTS) bakal didirikan di luar Pulau Jawa, dengan target jumlah sama dengan tahun lalu, yakni sekitar 6.764 BTS. Sementara untuk jaringan backbone fiber optik, yang sekarang sudah mencapai lebih dari 45.000 kilometer, akan dibangun di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya mengatakan, visi XL dalam memperluas jaringan data ke berbagai penjuru Indonesia adalah untuk mendukung percepatan pembangunan. Dia menyebut, XL akan melanjutkan kebijakan pembangunan jaringan data hingga menjangkau daerah-daerah terpencil di kawasan Barat hingga Timur Indonesia pada 2019.

"Kami konsisten lakukan investasi BTS. Sekarang BTS sudah lebih dari 118.596 BTS. Maka akan diwujudkan membangun jaringan tak hanya di Jawa tapi di luar Jawa," ujar Yessie di acara media gathering XL Axiata di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (4/4/2019).

Menurut dia, XL akan terus melanjutkan pembangunan jaringan di Nusa Tenggara Timur. Saat ini sudah terbangun jaringan 3G maupun 4G di 15 kota atau kabupaten di provinsi tersebut. Di wilayah ini, XL bakal terus melanjutkan perluasan yang sudah dimulai sejak 2018 secara agresif mulai dari Sumba, Flores, hingga Pulau Timor.

Khusus di wilayah Indonesia Timur, total jaringan data XL diklaim telah melayani pelanggan di 150 kota atau kabupaten di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, hingga Papua. Beberapa BTS 4G juga telah beroperasi di sejumlah pulau kecil, salah satunya Rote.

"Dengan pembangunan jaringan di tahun ini, maka diharapkan wilayah layanan XL di sana akan bertambah lebih dari 41 persen dibanding tahun lalu," ucap Yessie.

Kehadiran proyek Palapa Ring Timur yang akan selesai di 2019 juga membuka kesempatan bagi XL untuk mempermudah mereka menyediakan akses internet ke wilayah Indonesia Timur.

Bukan tidak mungkin XL akan memanfaatkan jaringan tersebut, seperti yang mereka lakukan dengan Palapa Ring Barat untuk membuka jaringan 4G di Kepulauan Anambas.

"2019 kami juga ada rencana hubungkan Palapa Ring Timur dari Waingapu ke Kupang. Ini ada kaitan dengan jadi lebih luas," tambah Yessie.

Data tahun 2018 lalu menunjukkan kontribusi pertumbuhan trafik layanan data yang sangat signifikan dari berbagai wilayah luar Jawa yang telah XL Axiata tingkatkan kualitas jaringan datannya, seperti antara lain Sumatera, Kalimantan, dan NTB.

Sementara itu di area lainnya, seperti Sulawesi, terlihat semakin tumbuhnya permintaan pasar yang cukup kuat sehingga tahun ini, wilayah ini akan menjadi salah satu prioritas pembangunan jaringan data.

#XL #XLAxiata #4G #LTE
BERITA TERKAIT
Telkomsel Terapkan Teknologi Baru pada 4G LTE
Instagram Luncurkan Stiker Anti-Bullying Terbaru
Daihatsu Dress Up Challenge Sukses di Palembang
Huawei Luncurkan Nova 5z, Punya 4 Kamera Belakang
Pamit dari GoJek, Nadiem Makarim Titip Pesan Ini
Konsol PS5 Dipastikan Bisa Mainkan Game PS4
Nadiem Makarim Jadi Mendikbud, Warganet Heboh

kembali ke atas