EKONOMI

Jumat, 05 April 2019 | 15:21 WIB

Hore..OJK Basmi 1.033 Investasi dan Fintech Bodong

Ajat Muhammad
Hore..OJK Basmi 1.033 Investasi dan Fintech Bodong
Ketua Umum Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi Ilegal, Tongam Lumban Tobing

INILAHCOM, Jakarta - Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi Ilegal mengatakan telah meringkus 1.033 entitas investasi dan fintech peer-to-peer (P2P) lending ilegal dari tahun 2017 hingga 2019.

Ketua Umum Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi Ilegal, Tongam Lumban Tobing mengatakan, lembaga investasi dan platform pinjaman online abal-abal meningkat pada 2018, yakni sejumlah 108 entitas investasi ilegal dan 404 entitas platform pinjaman online.

Menurut Tongam, di tahun sebelumnya hanya ada 80 entitas investasi ilegal yang ditutup. Sedangkan pada 2019, jumlah entitas investasi ilegal turun menjadi 47 entitas dan platform pinjaman online ilegal menjadi 399 entitas.

"Total kerugian akibat investasi bodong kurang lebih Rp 88,8 triliun, banyak yang tertipu umroh murah, investasi dengan bunga tinggi, dan lainnya," ujar Tongam di Jakarta, Jumat (5/4/2019).

Dia menjelaskam, tahun 2019 sebanyak 17 entitas ilegal menyasar produk-produk yang dekat dengan masyarakat seperti arisan online, kecantikan dan perawatan, hingga asuransi jiwa. Sementara jumlah skema Multi Level Marketing (MLM) menurun dari yang awalnya 34 entitas menjadi 8 entitas.

Tongam menyatakan masyarakat harus lebih berhati-hati agar tidak terjebak di lembaga ilegal. Masyarakat harus rasional sebelum berinvestasi.

"Kenali lembaganya, terdaftar di OJk atau tidak, lalu rasional atau tidak untung dan bonusnya. Biasanya investasi bodong juga memanfaatkan tokoh terkenal supaya masyarakat percaya," jelasnya. [hid]

#InvestasiBodong #Fintech #EkonomiDigital
BERITA TERKAIT
Ekonomi Digital & Sulitnya Lindungi Data Konsumen
OJK Sebut Bisnis Pembiayaan Berisiko Tinggi
Pajak Digital, Asosiasi Fintech Minta Harga Khusus
Bamsoet Ingatkan Pebisnis Bayar Pajak Digital
Bekraf: Angkanya Kecil, Jangan Galau Pajak Digital
PLN Siap Dukung Balapan Mobil Listrik di Jakarta
PLN Bentuk Road Map K3 Zero Accident di 2023

kembali ke atas