EKONOMI

Senin, 08 April 2019 | 13:45 WIB

Maret Ini, Cadangan Devisa Naik Jadi US$124,5 M

Maret Ini, Cadangan Devisa Naik Jadi US$124,5 M
(Foto: inilahcom/Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Cadangan devisa (Cadev) Indonesia bertambah US$1,2 miliar, menjadi US$124,5 miliar pada akhir Maret 2019.

Bulan sebelumknya sebesar US$123,3 miliar. Kenaikan cadev Maret 2019 dipantik naiknya penerimaan devisa migas dan valas dari sektor lainnya.

"Cadangan devisa itu mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Onny Widjanarko dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (8/4/2019).

Adapun jumlah cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 7,0 bulan impor, atau 6,8 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor.

Sejak awal tahun, jumlah cadangan devisa memang terus menunjukkan peningkatan. Misalnya pada Januari 2019, jumlah cadangan devisa tercatat US$120,10 miliar, yang kemudian bertambah menjadi US$123,27 miliar pada Februari 2019, salah satunya dipicu penerbitan Sukuk global pemerintah.

Kemudian pada Maret 2019 cadangan devisa bertambah menjadi US$124,5 miliar. Bank Sentral memandang ke depannya, cadangan devisa akan terus memadai karena keyakinan investor terhadap stabilitas dan prospek perekonomian domestik.[tar]

#BankIndonesia #CadanganDevisa #DevisaMigas
BERITA TERKAIT
BI Sebut Kabar Baik Neraca Perdagangan Bulan Juni
The Fed Melunak, BI Sunat Suku Bunga Pekan Ini?
Sembilan Fraksi Oke, Selamat Bertugas Bu Destry
Kinerja Industri Pengolahan Masih Level Ekspansi
Mekeng: Nasib Destry Ditentukan Besok
Kuartal II, Perekonomian Nasional Bergerak 'Woles'
Risiko Terburuk Proyek YY Bak Film Deep Horizon

kembali ke atas