EKONOMI

Kamis, 11 April 2019 | 14:50 WIB

BI: Triwulan I, Dunia Usaha Lebih Menggeliat

BI: Triwulan I, Dunia Usaha Lebih Menggeliat
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Hasil survei Bank Indonesia (BI), mengungkapkan, kegiatan dunia usaha pada triwulan I-2019, tumbuh lebih tinggi ketimbang triwulan sebelumnya.

Hal itu tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) sebesar 8,65%. Capaian ini naik ketimbang triwulan IV-2018 sebesar 6,19%.

Bank sentral dalam publikasinya tentang Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha di Jakarta, Kamis (11/4/2019), memaparkan adanya peningkatan kegiatan usaha. Terutama terjadi di sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan dan perikanan, khususnya pada subsektor pertanian tanaman bahan makanan sejalan dengan masuknya periode musim panen.

Sejalan dengan peningkatan kegiatan usaha, hasil SKDU mengindikasikan penggunaan kapasitas produksi dan tenaga kerja pada triwulan I-2019 meningkat dibandingkan dengan triwulan sebelumnya.

Dari sisi keuangan, kata survei BI itu, kondisi likuiditas dan rentabilitas dunia usaha tetap baik, disertai dengan akses terhadap kredit perbankan yang relatif mudah.

Hasil survei itu juga menyebutkan, responden memprakirakan peningkatan kegiatan usaha terus berlanjut pada triwulan II-2019. Hal ini terindikasi dari SBT prakiraan kegiatan usaha yang meningkat menjadi sebesar 21,42 persen.

Berdasarkan sektor ekonomi, peningkatan kegiatan usaha diprakirakan terjadi pada seluruh sektor, dengan peningkatan tertinggi pada sektor jasa dan industri pengolahan.

Sejalan dengan optimisme peningkatan kegiatan usaha tersebut, tingkat penggunaan tenaga kerja dan investasi dunia usaha pada triwulan II-2019 diprakirakan tumbuh lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi pada triwulan I-2019.[tar]

#BankIndonesia #DuniaUsaha
BERITA TERKAIT
BI Pede Inflasi Ramadan Bisa Terkendali
Hari Ke-12 Puasa, Duit Cash Ditarik Rp37 Triliun
Ekonomi Babak Belur, BI Perkecil Angka Pertumbuhan
Trade War, BI Evaluasi Defisit Transaksi Berjalan
Berdalih Trade War, Suku Bunga Acuan Ditahan 6%
Nasib Destry Jadi DGS BI Menunggu Setelah Lebaran
Defisit Transaksi Berjalan Kuartal I Tetap Besar

kembali ke atas