MOZAIK

Senin, 15 April 2019 | 16:00 WIB

Tak Semua Pahala Anak Mengalir ke Orangtua

Tak Semua Pahala Anak Mengalir ke Orangtua
(Foto: Ilustrasi)

SUDAH saatnya kita bersemangat menanam investasi pahala selama masih di dunia. Karena masa hidup di dunia adalah kesempatan yang Allah jadikan tempat beramal. Untuk masa yang lebih abadi di setelah wafat. Kita akan melihat lebih dekat 7 amal yang dijanjikan Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Ketujuh, anak soleh.

Anak soleh, harta yang paling tidak ternilai. Ketika orang tua mendidik anaknya, maka dia akan mendapatkan pahala dari amal soleh yang dilakukan anaknya. Karena setiap orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain, dia akan mendapatkan pahala selama orang itu mengamalkan ilmunya. Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Siapa yang mengajak ke jalan petunjuk, maka dia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. Sebaliknya siapa yang mengajak kepada kesesatan maka dia mendapat dosa seperti dosa orang yang mengamalkannya, tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun." (HR. Muslim 2674).

Sehingga tidak semua orang tua mendapatkan pahala dari amal anaknya. Kecuali jika orang tua yang mengajarkan kebaikan atau mengarahkan anak itu untuk belajar kebaikan. Syaikhul Islam mengatakan, "Nabi shallallahu alaihi wa sallam tidaklah menjadikan pahala untuk bapak sama dengan pahala amal anaknya. Kami tidak mengetahui adanya dalil tentang itu. Namun beliau jadikan ajakan kebaikan kepada anaknya, bagian dari amal orang tuanya, yang tidak akan terputus." (Jamiul Masail Ibnu Taimiyah, 4/266).

[baca lanjutan]

BERITA TERKAIT
99 Catatan Amal Perbuatan dari Allah
Ternyata di Surga Ada Pasar
Gerakan Salat Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh
Menganggap Sial Mengantarkan Pada Kesyirikan
Bersyukurlah seperti Pengemis Ini?
Untuk yang Bersedih, Berkabung dan Menderita
Pilih Kata, Intonasi dan Bahasa Tubuh yang Baik

kembali ke atas