EKONOMI

Senin, 15 April 2019 | 16:28 WIB

Amran: B100 Perkuat Cadangan Devisa Indonesia

Indra Hendriana
Amran: B100 Perkuat Cadangan Devisa Indonesia
(Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Pertanian Amran Sulaiman berharap program B100 bisa segera direalisasikan. Karena bisa menekan impor BBM yang berimbas kepada kenaikan cadangan devisa (cadev).

Tujuannya untuk menghemat devisa, kemudian hemat energi, rahmah lingkungan, meningkatkan kesejahteraan petani, komunitas dan kelompok tani juga ditingkatkan kesejahteraannya, kata Amran di kantornya, Jakarta, Senin (15/4/2019).

Dengan penggunaan B100, negara kata dia bisa menghemat devisa yang nilainya cukup besar. Sebab, impor BBM dalam satu tahun, kata dia, sebanyak 16 juta ton.

Kita tahu impor kita 16 juta ton per tahun, mungkin nilainya kurang lebih Rp150 triliun (dari impor itu). Sekarang produksi dalam negeri itu 20 juta ton, juga busa kita hemat cadangan solar kita dari fosil bisa kita hemat, ujar dia.

Sekedar diketahui, pemeintah saat ini baru menerapkan pencampuran minyak kepaa sawit ke solar sebanyak 20% atau B20. Nah, dari progam ini, pemerintah berhasil menghemat devisa sebesar Rp 28,4 triliun. Penghematan ini akibat berkurangnya impor Solar.

Adapun selama tahun 2018, produksi biodiesel mencapai 6 juta kiloliter (KL). Capaian itu setara dengan 105% dari target yang telah ditetapkan, yaitu sebesar 5,7 juta kl. Dari produksi tersebut, sebesar 4,02 juta kiloliter (KL) untuk program B20 baik subsidi maupun tidak, sisanya ekspor. Sementara itu, tahun ini produksi biodiesel ditargetkan 6,2 juta KL. Jika, target itu tercapai, maka penghematan devisanya bisa mencapai US$3 miliar. [ipe]

#Kementan #MentanAmran #B100 #CadanganDevisa
BERITA TERKAIT
Mentan Amran Banjir Apresiasi dalam Raker di DPR
(Kementan) Jadi Siklus Rutin, Ini Antisipasi Atasi Kekeringan
Kementan: Aturan Wajib Tanam Bawang Putih Lanjut
Menduniakan Cabai Melalui Festival Cabai
Mentan Bantu Korban Banjir di 7 Kabupaten Sulsel
Empat Tahun, Upsus Siwab Tingkatkan Populasi Sapi
Produksi Cabai di Jatim Melimpah

kembali ke atas