HIBURAN

Senin, 15 April 2019 | 16:10 WIB

Ruri Repvblik Serukan Safety Riding bareng Riders

Aris Danu
Ruri Repvblik Serukan Safety Riding bareng Riders
(Foto: Inilahcom)

INILAH.COM, Jakarta - Tingginya tingkat kecelakaan di jalan raya mengundang keprihatinan vokalis band Repvblik, Ruri. Mewakili generasi muda, Ruri pun mengajak milenial untuk menjaga keselamatan dan keamanan berkendara.

"Sayang ya, masih banyak yang belum sadar berkendara dengan baik seperti tak pakai helm, masih suka kebut-kebutan dan lainnya. Saya memang enggak suka ngebut karena tahu risikonya, apalagi keluarga menunggu di rumah," kata Ruri, di acara #DengarYangMuda volume ke-15, di Jakarta, Minggu (14/4/2019).

Sementara itu, founder #DengarYangMuda yang juga Staf Khusus Presiden RI, Diaz Hendropriyono mengatakan sosialisasi safety riding bersama para bikers itu diharapkan dapat menjadi agen perubahan dalam konteks membangun budaya berkendara yang menjunjung tinggi keselamatan.
Menurutnya, kecelakaan di jalan raya per tahun mencapai 100.000 lebih dan pengguna motor mencapai 70 persennya yang rata-rata dikendarai kalangan anak muda. Per hari terjadi 73 kecelakaan dengan 3-4 orang per jam.

Dengan demikian, kata Diaz, saat ini kecelakaan menjadi bencana dan harus bisa dicegah dengan memberikan informasi yang tepat sasaran bagi milenial agar lebih tertib di jalan dan berlalu lintas.

"Tentu kita sangat peduli karena kecelakaan ini menjadi ancaman khususnya milenial sebagai tulang punggung masa depan Indonesia. Jangan biarkan mereka jadi korban lalu lintas kendaraan bermotor karena minimnya informasi yang didapat. Contohnya saja saat di lampu merah. Kita harus mampu bisa menunggu dan tertib, jangan main asal terobos dan jalan saja. Mari contoh tertib lalu lintas seperti di luar negeri yang sudah sadar akan road safety," papar Diaz.

Acara #DengarYangMuda volume ke-15 itu juga diikuti 300 bikers (pengendara) dari berbagai komunitas motor gede (moge) Indonesia dengan mengelar #RoadSafetyForBikeLovers. Berbagai komunitas bikers yang hadir antara lain Harley Owner Group, Harley Davidson Anak Elang, Motor Besar Club Indonesia (MBCI), The Litas Jakarta, Flying Piston Garage, komunitas vespa dan lainnya.

"Setiap berkendara, kita mesti ingat prinsip 3 Siap. Pertama, siap diri yang berarti harus sadar dan memiliki surat (kendaraan) yang lengkap. Kedua, siap kendaraan atau pastikan kendaraan layak jalan. Ketiga, siap mematuhi peraturan lalu lintas. Jangan melawan arus, merampas hak pejalan kaki, dan melakukan tindak melawan hukum lainnya," kata Brigadir Jenderal (Brigjen) Polisi Halim Pagarra, Direktur Regident Korlantas Polri, dalam kesempatan yang sama.

Ruri menambahkan, sosialisasi safety riding sekaligus mengajak pengguna jalan untuk tertib dalam berkendara. Sebagai pengguna motor, dirinya sudah melakukan safety riding ketika mulai berkendara menggunakan motor matic kesayangannya. Hal itu sudah diterapkan sejak ia berusia 17 tahun saat mulai memiliki SIM C (motor). [adc]

#RuriRepvblik #SafetyRiding
BERITA TERKAIT
Marvin KDI Tetap Ingin Berkarya di Dunia Musik
Sunset Bali Music Festival Tampilkan Aksi UB40
Scraft Nagita Slavina Mengusung Tema Lima Benua
Anji Kolaborasi Eagle Rilis Sepatu Edisi Terbatas
Album Bersinar Terang Tandai Eksistensi Altz Band
Sheera Katya Ariana Jawara Fin Idol Cilik 2019
Film Zharfa Kolaborasi Sineas Indonesia-Malaysia

kembali ke atas