NASIONAL

Sabtu, 20 April 2019 | 13:11 WIB

Berkaca Hoaks Ratna, Amien Rais Diminta Hati-hati

Berkaca Hoaks Ratna, Amien Rais Diminta Hati-hati
Ketua PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) (beritajatim)

INILAH.COM, Jakarta - Pertamuan para kiai sepuh se-Jawa Timur yang digelar di rumah salah satu Ketua PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) juga menyinggung tentang video viral Mantan Ketua MPR Amien Rais.

Amien menyebutkan bahwa hasil pemilihan presiden 2019 di Jawa Timur dimenangkan oleh pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan suara 50 persen lebih.

"Terus terang para kiai juga menyayangkan Pak Amien yang mengeluarkan pernyataan tergesa-gesa, sebelum ada pernyataan KPU. Jangan-jangan nanti keliru lagi seperti kasus Ratna Sarumpaet, yang begitu tergesa-gesa dan ternyata hoaks," kata Gus Ipul kepada wartawan, Jumat (19/3/2019) malam.

Sebelumnya sempat viral potongan video bedurasi 1,31 menit yang memperlihatkan Amien Rais mengatakan adanya hasil Real Count tiga lembaga yang menurut dia perolehan suara Prabowo-Sandi di Jawa Timur menang lebih dari 50 persen.

"Bukan quick count lagi tapi real count, tiga lembaga yang terakreditasi oleh Bawaslu mengatakan 02 menang di Jawa Timur, bukan hanya Madura, bukan Banyuwangi, bukan Situbondo, tetapi seluruh Jawa Timur kita menang 50 persen lebih. Jadi si Joko (Jokowi) ini cuma menang di Jawa Tengah, Bali, NTT, kemudian daerah kecil-kecil, Jogja juga menang lainnya Alhamdulillah kalah semua," kata Amien dalam Vlog tersebut.

Terkait Vlog ini, para kiai berharap Amien Rais bisa segera mengoreksi dan menunggu seluruh proses penghitungan suara resmi di KPU.

"Apa ndak sebaiknya Pak Amien mengoreksi pernyataan itu sebelum menimbulkan kegaduhan lebih jauh," kata Gus Ipul.

Vlog Amien ini, kata Gus Ipul, juga sempat menjadi bahan pembicaraan beberapa kiai sepuh Jawa Timur yang hari ini berkumpul di rumah Gus Ipul, Perumahan The Gayungsari Surabaya.

"Tadi, saat pertemuan dengan kiai-kiai juga disinggung dan banyak kiai yang menyayangkan pernyataan Pak Amien Rais itu," kata Gus Ipul.

Sekadar diketahui, puluhan Kiai Sepuh se-Jawa Timur baik itu pendukung 01 maupun 02 berkumpul di rumah Gus Ipul untuk bermusyawarah menanggapi permasalahan bangsa pasca pemilihan Presiden.

Hadir dalam pertemuan para kiai ini di antaranya adalah Pengasuh Pesantren Lirboyo Kediri KH Anwar Manshur dan KH Abdullah Kafabihi; Pengasuh Pesantren Miftachussunnah Surabaya KH Miftachul Akhyar; Pengasuh Pesantren Ploso Kediri, KH Zainuddin Djazuli dan KH Nurul Huda Djazuli; serta Pengasuh Pesantren Sidogiri, Pasuruan KH Nawawi Abdul Djalil. [beritajatim.com]

#AmienRais #Pemilu2019 #GusIpul
BERITA TERKAIT
Kejati Langsung Tindaklanjuti SPDP Rusuh 22 Mei
SPDP Kerusuhan 22 Mei, 79 Orang Tersangka
BPN Sayangkan Kasus KPPS Wafat Menggantung
SMRC: Mayoritas Rakyat Percaya Pemilu 2019 Jurdil
BPN Sebut Pemilu 2019 Banyak Masalah
Percaya Hakim MK, Sandi Ajak Pendukung Tak Demo
Putusan Sengketa Pilpres 2019 Sebelum 28 Juni?

kembali ke atas