EKONOMI

Sabtu, 20 April 2019 | 14:35 WIB

Libur Pemilu, Penumpang Terminal Ngawi Naik

Libur Pemilu, Penumpang Terminal Ngawi Naik
(inilahcom)

INILAHCOM, Ngawi - Jumlah penumpang bus di Terminal Kertonegoro Kabupaten Ngawi, Jawa Timur tercatat naik saat libur pencoblosan Pemilu 2019 pada 17 April 2019, yang berlanjut libur akhir pekan dalam rangkaian perayaan Paskah.

"Pada momen long weekend kali ini, jumlah penumpang meningkat sekitar 20 persen dibanding hari biasa," ujar Kepala Terminal Ketonegoro Ngawi Ali Imron kepada wartawan di Ngawi, Sabtu (20/4/2019).

Sesuai data yang ada, jumlah bus yang masuk ke Terminal Kertonegoro pada hari biasa mencapai 1.000 unit dengan jumlah penumpang mencapai 1.500 orang.

Menurut dia, peningkatan penumpang didominasi oleh warga yang hendak bepergian dengan tujuan Jakarta dan daerah sekitarnya.

Dimungkinkan para penumpang tersebut hendak kembali ke tempat kerja setelah melakukan pencoblosan di tempat asal.

Selain karena momentum libur akhir pekan panjang, peningkatan penumpang tersebut juga ditunjang karena keberadaan jalan tol yang melintasi Ngawi.

"Keberadaan jalan tol juga berdampak pada perilaku penumpang. Sebab, ada juga bus yang menyediakan layanan perjalanan jarak jauh lewat full tol," katanya.

Karena jumlah penumpang meningkat, harga tiket bus antarkota antarprovinsi (AKAP) tujuan Jakarta juga naik dari hari biasa.

Harga tiket yang semula Rp180 ribu, pada long weekend ini naik menjadi Rp190 ribu.

"Namun, untuk jumlah armada bus yang beroperasi secara keseluruhan di Terminal Ngawi masih sama, yakni sekitar 1.000 unit per hari," tambah dia.

Menyikapi peningkatan jumlah penumpang, pihak pengelola Terminal Kertonegoro memaksimalkan berbagai fasilitas dan pelayanan yang ada seperti ruang tunggu, pengamanan, dan penerangan.[tar]

#Pemilu #Liburan
BERITA TERKAIT
Tahun Ini, Produksi Migas Pertamina Lampaui Target
(Atasi Kekeringan) Petani Magetan Manfatkan Irigasi Air Tanah Dangkal
Operasi Penyelamatan Krakatau Steel
Rizal Ramli Pegang Kunci Pembuka Mega Skandal BLBI
(Atasi Gelembung Gas) Pertamina Kirim Tim Ahli ke Anjungan Laut Jawa
(Aturan Emas Digital) Tamasia Ikut Aturan, Pegadaian Melawan Bappepti
(Rayakan HUT ke-54) PGN Fokus Jalankan Peran Sub Holding Gas

kembali ke atas