EKONOMI

Rabu, 24 April 2019 | 01:05 WIB

Kementan Pastikan Stok Pangan Jelang Ramadan Aman

Ajat M Fajar
Kementan Pastikan Stok Pangan Jelang Ramadan Aman
Sekjen Kementan, Syukur Iwantoro

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) mengatakan pasokan barang-barang untuk kebutuhan pokok menjelang bulan ramandan dipastikan aman.

Sebab pihaknya dan beberepa lembaga kementerian di bawah Kemenko Perekonomian telah berkoordinasi untuk menjaga harga dan ketersediaan pangan menjelang hari-hari keagaaman seperti ramdana dan lebaran.

"Pemerintah memberikan perhatian yang all out. Tidak hanya ketersediaanya yang cukup tetapi juga harganya tidak memberatkan kepada konsumen, tetapi juga tidak menekan kepada produsen, itu yang kita jaga," ujar Sekjen Kementan, Syukur Iwantoro.

Dia mengatakan, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah soal ketersediaan pangan di daerah, khususnya yang menjadi produk-produk hortikultura seperti cabai, bawang merah, bawang putih, beras, jagung dan lain-lain.

Syukur menjelaskan beberapa kepala daerah seperti bupati sudah ikut membantu untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga. Hal ini dibuktikan dimana ada beberapa bupati melakukan langkah pada saat produk melimpah kemudian harga turun, mereka inisiatif mengambil stok sehingga harga naik.

"Dan produksi-produksi hortikultura seperti cabai, bawang kita sudah ada campion-campion yang selalu komunikasi secara intens dengan Dirjen hortikultura tentang bagaimana sentra-sentra produksi baik cabai maupun bawang ini yang cukup berpengaruh terhadap infalsi itu, sehingga kita selalu memonitor itu," jelasnya.[jat]

#KementerianPertanian #Lebaran #Sekjen KementanSyuku
BERITA TERKAIT
Pertumbuhan Ekonomi 2020 Ditarget 5,5%, Ani Pede
Proyek Langit Biru Cilacap Membanggakan Pertamina
Sekda Jabar Buka Pelatihan Bencana DAS Citarum
Mentan Amran Banjir Apresiasi dalam Raker di DPR
Ini Jumlah B20 yang Diserap PT PLN
Mobil Mewah Tunggak Pajak di Kepri Akan Disita
PLTD PLN Siap Gunakan Biodesel Sampai B60

kembali ke atas