NASIONAL

Selasa, 23 April 2019 | 21:42 WIB

Ketua DPR Desak Polri Usut Pembakaran Kotak Suara

Willi Nafie
Ketua DPR Desak Polri Usut Pembakaran Kotak Suara
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menanggapi adanya peristiwa pembakaran sejumlah kotak suara yang terjadi di beberapa daerah seperti di Maluku, Jambi, dan Sumatra Barat.

Politikus Partai Golkar ini mendesak Polri mengusut tuntas peristiwa pembakaran tersebut dengan melakukan penyelidikan dan penyidikan, serta menindak tegas pihak-pihak yang terlibat sesuai hukum positif yang berlaku.

"Mendorong KPU dan Bawaslu untuk segera mencari solusi terhadap kotak suara yang dibakar dengan melakukan pemungutan suara ulang di sejumlah daerah tersebut," ujar Bamsoet, Selasa (23/4/2019).

Bamsoet juga mendesak KPU dan Bawaslu mengevaluasi seluruh persoalan di Pemilu 2019. Kemudian memastikan hasil pesta rakyat lima tahunan tersebut berdasarkan asas Pemilu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (Luber Jurdil).

"Mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang, tidak memprovokator, dan tidak mudah terprovokasi oleh informasi yang belum diketahui kebenarannya, serta tetap berpedoman berdasarkan data resmi KPU untuk mengetahui hasil penghitungan riil Pemilu 2019," pungkasnya. [ton]

#PembakaranKotakSuara
BERITA TERKAIT
Kekeringan, 5 Desa di Temanggung Butuh Air Bersih
KPK Telusuri Sumber Uang Gubernur Kepri
Pertemuan Prabowo-Mega Bagi-bagi Kursi?
Gempa 4,9 Magnitudo Guncang Bali
(Aksi 21-22 Mei) Polri Sanksi Anggota yang Aniaya Perusuh
Prabowo akan Temui Mega di Rumah Teuku Umar
Jokowi Tidak Ikut Pertemuan Prabowo & Megawati

kembali ke atas