EKONOMI

Rabu, 01 Mei 2019 | 03:09 WIB

Peringati Mayday, Rp1 Gelorakan Ekonomi Kerakyatan

Peringati Mayday, Rp1 Gelorakan Ekonomi Kerakyatan
(Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Menyambut Hari Buruh Internasional (Mayday) pada 1 Mei, Komunitas Rakyat Pinggiran Indonesia (Rp1), mengkampanyekan gerakan kedaulatan ekonomi kerakyatan.

Pembina sekaligus penggagas Rp1, Perintis Gunawan yang akrab disapa PG, mengungkapkan, pekerja dan buruh memiliki peran penting dalam memhangun perekonomian rakyat, sebagai people power untuk menumbuh kembangkan perekonomian NKRI melalui pemberdayaan koperasi.

"Rp1 adalah sebuah gerakan pemikiran dari rakyat yang tidak berada dalam sumbu kekuasaan yang berusaha memberikan semangat kepada pemegang kekuasaan untuk dapat menelurkan gagasan, kebijakan serta langkah-langkah yang berpihak kepada upaya mewujudkan kedaulatan rakyat terutama di bidang ekonomi melalui kerja-kerja ekonomi," paparnya di Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Lebih jauh PG menjelaskan tujuan Rp1 agar kedaulatan rakyat di bidang ekonomi yang diwakili oleh berdaulatnya mata uang Rupiah dapat terwujud. "Saya berharap gerakan ini adalah Rp1 sebagai satuan mata uang terkecil rupiah mampu berdiri sejajar dengan mata uang lain manapun di dunia serta mampu memberikan kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia," harap PG.

Ketua Koperasi Rp1, Maulana Muhamad mengungkapkan, tujuan mendirikan koperasi adalah menggerakkan ekonomi masyarakat nasional, mulai dengan simpan pinjam yang sudah terdaftar di Kemenkop UKM.

Untuk tahap awal, papar Maulana, K Rp1 menggandeng 45 anggota tersebar di sejumlah wilayah seperti DKI Jakarta, Jateng, Jatim, Riau, Jabar, Yogya dan Kalimantan. "Yang sudah kita garap adalah pasar kopi dan beras organik, kita nantinya mengekspor komoditas pertanian Kopi dan akan MoU dengan buyer di Jerman dan Amerika," ujarnya.

Untuk komoditas kopi, lanjutnya, Koperasi Rp1 menjalin kerja sama dengan petani kopi asal Bali dan Toraja. Sedangkan untuk komoditas beras organik, menggandeng koperasi petani di Tuban dan Kerisidenan Banyumas.

Informasi saja, Rp1 merupakan sebuah gerakan kedaulatan ekonomi rakyat mengajak diskusi potensi pekerja/buruh di Indonesia sebagai entitas yang mendukung kegiatan ekonomi berbasis dari, oleh dan untuk rakyat seperti Koperasi dan UKM yang bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan yang berkeadilan bagi seluruh rakyat. [tar]

#MayDay #UMKM #EkonomiKerakyatan
BERITA TERKAIT
Jokowi Sebut Indonesia Berpeluang Kembangkan UMKM
Tiga Merek Fesyen RI Nangkring di Pameran Paris
Ketika Syamsuar Manjakan Seribu UMKM Riau
Bawang Merah Provitas 20 Ton Siap Didaftarkan
Festival Pranata Adat & Budaya, Merawat Perdamaian
Kemendes & Seychelles Kerja Sama Daerah Tertinggal
Tumben, Lelang SUN Bisa Lampaui Target Indikatif

kembali ke atas