EKONOMI

Rabu, 01 Mei 2019 | 04:09 WIB

Akankah Destry Senasib Agus Marto, Ditolak DPR?

Akankah Destry Senasib Agus Marto, Ditolak DPR?
Destry Damayanti (Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Misteri siapakah pengganti Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara, terjawab sudah. Hanya ada satu nama yang diajukan Presiden Joko Widodo ke DPR, yakni Destry Damayanti.

Ketua DPR Bambang Soesatyo memastikan nama Destry Damayanti adalah calon tunggal yang diajukan presiden untuk mengisi posisi Deputi Gubernur Senior BI yang bakal ditinggalkan Mirza Adityaswara. "Ya benar Destry Damayanti yang diajukan, calon tunggal," kata Bambang di Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Diakui Bamsoet, sapaan akrabnya, DPR sudah menerima surat pengajuan dari presiden sejak pekan lalu. Kemungkinan, Komisi XI DPR akan menggelar tes uji kelayakan dan kepatutan (Fit and Propert Test) terhadap Destry setelah 7 Mei 2019. "Setelah 7 Mei 2019, Komisi rapat kerja dulu, baru itu membahas," kata Bambang.

Artinya, bisa saja Komisi XI DPR memutuskan untuk mengembalikan nama yang diusulkan presiden. Hanya saja sangat jarang terjadi DPR menolak usulan nama dari presiden. Kecuali nama Agus Martowardojo yang diusulkan Presiden SBY pada 2008, sebagai calon tunggal Gubernur BI, ditolak DPR.

Informasi saja, Destry Damayanti merupakan ekonom yang saat ini masih menjabat sebagai Anggota Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Sedangkan masa jabatan Mirza Adityaswara akan selesai pada Juli 2019. Mirza, yang merupakan lulusan Universitas Macquarie, Sydney, Australia, dilantik sebagai Deputi Gubernur Senior (DGS) BI berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 62/P Tahun 2014.

Keputusan Presiden itu merupakan legalitas untuk penetapan Mirza Adityaswara sebagai DGS BI di periode kedua. Mirza sebelumnya menjabat sebagai DGS BI untuk periode 2013-2014. [tar]

#BankIndonesia #DPR #DeputiGubernur
BERITA TERKAIT
Tahun Terakhir Jokowi, Utang Negara Makin Gede
Temuan BPK Soal OJK Boros, DPR Panggil Wimboh Cs
Gagal Bayar Jiwasraya, DPR Sebut OJK Kecolongan
BI: Penjualan Eceran April Jeblok Ketimbang Maret
Hampir 1.500 Lembar Upal Beredar di Pulau Dewata
Anak Buah Prabowo Siap Perjuangkan Anggaran PUPR
Cadev Mei 2019 Susut Rp56 Triliun Dalam Sebulan

kembali ke atas